Selasa 20 Sep 2022 14:53 WIB

Grealish Ungkap Dampak Kehadiran Haaland di Permainan Man City

Haaland dinilai telah mendongkrak performa lini serang the Citizens.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
Striker Manchester City, Erling Haaland.
Foto: AP/Dave Thompson
Striker Manchester City, Erling Haaland.

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Gelandang serang Manchester City, Jack Grealish, mengakui, kehadiran Erling Haaland telah mengubah wajah permainan the Citizens. Cenderung tampil tanpa penyerang tengah pada musim lalu, the Citizens kini punya andalan baru di ujung tombak serangan.

Haaland, yang diboyong Man City dari Borussia Dortmund pada musim panas tahun ini, tidak perlu waktu lama untuk bisa langsung menunjukkan ketajamannya. Dari tujuh penampilan di Liga Primer Inggris, penyerang berusia 22 tahun itu sudah mampu mengemas 11 gol dan satu assist.

Baca Juga

Pun dengan performa apik penyerang asal Norwegia itu di pentas Liga Champions. Haaland telah menyumbang tiga gol dari dua kesempatan merumput di dua laga pembuka penyisihan Grup G Liga Champions.

Total, Haaland sudah mengoleksi 14 gol dari 10 laga di semua ajang setelah kurang lebih baru dua bulan mengenakan seragam the Citizens. Grealish pun mengakui, dampak besar kehadiran Haaland dalam permainan juara bertahan Liga Primer Inggris tersebut.

Haaland, yang diplot menggantikan Sergio Aguero sebagai striker utama Man City, dinilai telah mendongkrak performa lini serang the Citizens.

''Kehadiranya mengubah permainan kami apabila dibanding musim lalu, saat kami lebih sering tampil dengan menggunakan pemain false nine. Menurut saya, tahun ini, kami mendapatkan penyerang terbaik di dunia, yang terobsesi dengan mencetak gol dan terus berada di lini belakang lawan,'' kata Grealish seperti dikutip Manchester Evening News, Selasa (20/9/2022).

Eks gelandang serang Aston Villa itu menyebut, dengan kehadiran Haaland, tugas utama para gelandang Man City adalah terus memberikan suplai bola ke eks penyerang RB Salzburg tersebut. Grealish mengaku sempat bergurau soal kemampuan Haaland untuk mencetak gol dari luar kotak penalti. Gurauan yang dijawab Haaland dengan torehan gol saat Man City membungkam Wolves, 3-0, akhir pekan lalu.

''Saya rasa, kini tugas kami tinggal menempatkan bola di area kotak penalti lawan. Saya pernah berkata kepadanya,'Saya tidak yakin kamu bisa mencetak gol dari luar kotak penalti'. Ternyata, dia melakukannya di laga ini (kontra Wolves),'' kata pemain yang didatangkan Man City dengan banderol transfer mencapai 100 juta poundsterling tersebut.

Selain keberhasilan Haaland menambah pundi-pundi golnya di Liga Primer Inggris, kemenangan Man City atas Wolves itu juga menandai gol pertama Grealish pada musim ini. Gelandang serang berusia 27 tahun itu membuka keunggulan Man City di laga itu via sepakan kaki kiri setelah memanfaatkan assist Kevin de Bruyne pada menit pertama laga.

Klasemen Premier League Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement