Rabu 21 Sep 2022 05:45 WIB

BSI Perluas Ekosistem Syariah di Kampus

BSI gandeng Undip dan Unnes untuk kembangkan ekosistem dan SDM unggul

Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Universitas Diponegoro (Undip) Kota Semarang, Jawa Tengah. PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) terus melakukan sinergi dengan perguruan tinggi negeri dalam upaya mengembangkan SDM unggul. Ini sekaligus upaya meningkatkan literasi para civitas akademika serta upaya membangun Islamic Ecosystem dari kampus.
Foto: Dok Undip
Universitas Diponegoro (Undip) Kota Semarang, Jawa Tengah. PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) terus melakukan sinergi dengan perguruan tinggi negeri dalam upaya mengembangkan SDM unggul. Ini sekaligus upaya meningkatkan literasi para civitas akademika serta upaya membangun Islamic Ecosystem dari kampus.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --  PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) terus melakukan sinergi dengan perguruan tinggi negeri dalam upaya mengembangkan SDM unggul. Ini sekaligus upaya meningkatkan literasi para civitas akademika serta upaya membangun Islamic Ecosystem dari kampus.

Hal ini ditandai dengan perjanjian kerja sama dengan Universitas Diponegoro (Undip) dan Universitas Negeri Semarang (Unnes). Direktur Retail Banking BSI Ngatari mengatakan kerja sama dengan Undip lebih berfokus pada pelayanan pembayaran biaya pendidikan melalui fasilitas dan Layanan BSI Pembayaran Institusi (BPI) Host to Host.

"BSI bersama Undip tidak hanya bekerja sama dalam bisnis akan tetapi juga menyinergikan dan mengoptimalkan potensi dan sumber daya dalam rangka pengembangan kelembagaan serta pengembangan sumber daya manusia," kata Ngatari dalam keterangan, Selasa (20/9).

Melalui sinergi dengan Undip, tambahnya, BSI berharap dapat memberikan layanan perbankan yang terbaik sesuai prinsip syariah dilengkapi dengan digitalisasi yang mumpuni. Sementara dengan Unnes, BSI bekerja sama dalam hal pemanfaatan layanan jasa dan produk perbankan syariah serta penyelenggaraan Tridarma Perguruan Tinggi.

Kedepannya BSI siap melakukan pengembangan kolaborasi dan sinergi dengan Universitas Negeri Semarang (UNNES). Diantaranya terkait penggunaan layanan produk dan jasa BSI serta kegiatan sosial untuk memberikan manfaat yang lebih luas bagi masyarakat.

"BSI terus berupaya meningkatkan awareness dan aktivasi layanan perbankan syariah di lingkungan kampus yang dibangun dalam satu ekosistem sehingga keberadaan bank syariah dapat dirasakan manfaatnya bagi seluruh civitas di Kampus Unnes," katanya.

BSI harapkan melalui kerja sama ini, akan terbentuk ekosistem lainnya yang dibangun dengan melibatkan peran mahasiwa, dosen dan pegawai. Baik itu dalam bentuk kuliah dan forum grup diskusi (FGD) ilmu perbankan syariah, program magang/internship di BSI, bantuan pendidikan bagi mahasiswa berprestasi serta pemanfaatan produk dan layanan jasa perbankan syariah.

BSI juga ingin sinergi ini akan terus berkembang menjadi kerja sama yang saling memberikan manfaat bagi seluruh pihak. Tahun ini, program literasi akan terus dilakukan BSI sebagai bentuk komitmen untuk meningkatkan angka literasi syariah yang masih dibawah 10 persen.

"Untuk itulah dengan adanya kesepakatan ini, kami optimis bahwa bank syariah dapat menjadi pilihan finansial bagi kalangan milenial kedepannya," katanya. Dengan adanya sinergi ini, ia berharap BSI mampu menjadikan Unnes menjadi Universitas Berwawasan Konservasi dan Bereputasi Internasional dan UNDIP menjadi Universitas Riset yang Unggul.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement