Kamis 22 Sep 2022 12:37 WIB

PT KAI Ajak Masyarakat Kunjungi Bengkel Kereta Balai Yasa

PT KAI membuka kunjungan Balai Yasa Yogyakarta, Surabaya Gubeng, dan Manggarai.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Sejumlah teknisi mengecat kereta api di Balai Yasa Surabaya Gubeng, Kota Surabaya, Jawa Timur, Senin (11/4/2022).
Foto: Antara/Didik Suhartono
Sejumlah teknisi mengecat kereta api di Balai Yasa Surabaya Gubeng, Kota Surabaya, Jawa Timur, Senin (11/4/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Kereta Api Indonesia (Persero) menyelenggarakan kegiatan Open House Balai Yasa Kereta Api untuk mengedukasi masyarakat terkait proses perawatan kereta dan lokomotif. Open House Balai Yasa merupakan bagian dari rangkaian perayaan HUT ke-77 KAI yang diperingati pada 28 September 2022 dengan tema 'Bangkit Lebih Cepat, Melayani Lebih Baik'.

"KAI mengajak masyarakat untuk dapat melihat langsung seluk-beluk Balai Yasa Kereta Api yang selama ini tidak dapat diakses oleh masyarakat umum. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan wadah berinteraksi langsung," kata Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo di Jakarta, Kamis (22/9/2022).

Didiek mengatakan, PT KAI ingin mengenalkan kepada masyarakat bahwa layanan kereta tidak hanya berada di lingkungan stasiun, tapi juga memiliki bengkel modern yaitu Balai Yasa. Selama ini, Balai Yasa berperan dalam merawat sarana guna memastikan keselamatan dan kenyamanan pelanggan.

Didiek menjelaskan, Balai Yasa memiliki tugas untuk melakukan perawatan besar sarana perkeretaapian periode dua tahunan dan empat tahunan dengan tingkat kesulitan kompleks.

Sarana yang dimaksud yaitu lokomotif, kereta penumpang, gerbong barang, dan fasilitas-fasilitas sarana lainnya. Sedangkan untuk perawatan rutin seperti harian, enam bulanan, dan satu tahunan dengan tingkat kerusakan sarana ringan dilakukan di depo.

Open House akan dilaksanakan di 3 Balai Yasa selama tiga hari sejak dibuka. Adapun pembukaan di masing-masing Balai Yasa dilakukan pada Jumat (23/9/2022) untuk Balai Yasa Yogyakarta, kemudian Ahad (25/9/2022) di Balai Yasa Surabaya Gubeng dan pada Senin (26/9/2022) di Balai Yasa Manggarai.

"Open House Balai Yasa tersebut terbuka untuk umum dan dapat dihadiri oleh seluruh masyarakat yang ingin melihat lebih dekat Balai Yasa Kereta Api," ujar Didik.

Dia menyampaikan, pengunjung nantinya dapat melihat dan memahami proses perawatan sarana, melihat kereta, gerbong, dan lokomotif yang sudah diperbaiki. Selain itu, pengunjung bisa melihat berbagai fasilitas perawatan Balai Yasa, produk unggulan dan inovasi Balai Yasa, sejarah masing-masing Balai Yasa, melakukan mini tour di lingkungan Balai Yasa, pameran produk UMKM, serta mengikuti gim dan hiburan menarik.

Untuk menjaga ketertiban selama kegiatan Open House Balai Yasa berlangsung, masyarakat yang ingin hadir pada Open House Balai Yasa harus melakukan registrasi daring terlebih dahulu. Adapun kapasitas pengunjung di Balai Yasa Yogyakarta adalah 1.000 orang per hari, Balai Yasa Surabaya Gubeng 200 orang per hari, dan Balai Yasa Manggarai 300 orang per hari.

Untuk info registrasi, waktu, dan lokasi kegiatan selengkapnya dapat dilihat di Instagram @keretaapikita. "Kami berharap masyarakat dapat memanfaatkan kesempatan Open House Balai Yasa ini agar lebih mengenal dan memahami proses perawatan sarana kereta api. Dengan demikian, masyarakat akan semakin mencintai dan terus menggunakan kereta api sebagai transportasi pilihan saat bepergian," kata Didiek.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement