Jumat 23 Sep 2022 02:50 WIB

Tour de Merapi 2022 Targetkan Gaet 1.000 Peserta dengan 500 Motor

Tour de Merapi merupakan event jelajah wisata sepeda motor berjarak tempuh 100 km.

Red: Reiny Dwinanda
Gunung Merapi terlihat jelas dari Kali Kuning, Sleman, Yogyakarta, Jumat (18/3/2022). Tour de Merapi 2022 terbuka untuk umum dan komunitas sepeda motor baik dari DIY maupun luar DIY.
Foto: Wihdan Hidayat / Republika
Gunung Merapi terlihat jelas dari Kali Kuning, Sleman, Yogyakarta, Jumat (18/3/2022). Tour de Merapi 2022 terbuka untuk umum dan komunitas sepeda motor baik dari DIY maupun luar DIY.

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta akan kembali menggelar Tour de Marapi (TDM) pada 16 Oktober 2022. Rutenya melintasi sejumlah destinasi wisata dan desa wisata di lereng Gunung Merapi, Kabupaten Sleman.

"Tahun ini merupakan penyelenggaraan TDM yang ke-17, event jelajah wisata sepeda motor ini kami harapkan turut mendongkrak kebangkitan wisata Sleman," kata Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman Ishadi Zayid di Sleman, Kamis (22/9/2022).

Baca Juga

Menurut Ishadi, TDM merupakan jelajah wisata sepeda motor dengan melintasi destinasi/desa wisata di Kabupaten Sleman dengan jarak tempuh kurang lebih 100 kilometer.

"TDM menjadi event yang berfungsi mempromosikan destinasi/desa wisata, mempromosikan kekayaan budaya, kuliner yang ada di destinasi/desa wisata yang dilewati, dan pada akhirnya akan meningkatkan kunjungan wisatawan ke destinasi/desa wisata di Kabupaten Sleman," kata Ishadi.

Pada gelaran Tour de Merapi 2022 ini, tema yang dipilih adalah "Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat". Ishadi mengatakan, untuk event TDM tahun ini, meskipun masih pandemi Covid-19 namun penyelenggaraan tidak seketat pada 2021 yang masih masa pandemi.

"Ada beberapa perbedaan dibandingkan tahun lalu, d imana tahun lalu peserta tidak boleh berboncengan karena masih pandemi, kemudian untuk keberangkatan atau start dilakukan di sejumlah titik atau pos yang ada jalur rute TDM," katanya.

Sedangkan, pada TDM 2022, peserta akan memulai perjalanan secara bersama setelah dilepas Bupati Sleman di Lapangan Pemda pada 16 Oktober 2022 pukul 06.30 WIB dalam tiga kloter keberangkatan. Tiap kloter interval keberangkatannya 10 menit.

Ishadi mengatakan, dalam rute TDM 2022 terdapat lima pos yang harus dilewati peserta, di mana peserta wajib mendapatkan cap di semua titik pos yang ada sebagai syarat utama diikutkan dalam undian doorprize.

"Selanjutnya, kartu cap pos dikumpulkan di Desa Wisata Pancoh, yang menjadi tempat finis, sekaligus tempat pengundian doorprize," katanya.

Ishadi mengatakan, TDM 2022 ini terbuka untuk umum dan komunitas sepeda motor baik dari DIY maupun luar DIY. Target peserta sebanyak 500 motor atau 1.000 orang.

"Peserta cukup dengan membayar Rp 200 ribu peserta akan mendapatkan satu buah jaket, snack di setiap pos yang dilewati, dus kupon doorprize, dua kupon makan siang yang bisa ditukarkan di tempat finish, dan asuransi bagi dua orang," ujar Ishadi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement