Kamis 22 Sep 2022 23:59 WIB

Delapan Daerah di Kaltim Diperkirakan Hujan Petir

Semua pihak diminta selalu waspada terhadap dampak yang mungkin ditimbulkan.

Red: Qommarria Rostanti
Delapan daerah (kabupaten/kota) di Provinsi Kalimantan Timur diprakirakan terjadi hujan lebat hingga hujan petir. (ilustrasi)
Foto: ANTARA/Mohamad Hamzah
Delapan daerah (kabupaten/kota) di Provinsi Kalimantan Timur diprakirakan terjadi hujan lebat hingga hujan petir. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, BALIKPAPAN -- Delapan daerah (kabupaten/kota) di Provinsi Kalimantan Timur diprakirakan terjadi hujan lebat hingga hujan petir pada Jumat-Sabtu (23-24/9), sedangkan dua daerah lainnya cerah, berawan, dan hujan ringan.

"Hujan lebat dan hujan petir tersebut dapat disertai angin kencang sehingga semua pihak harus selalu waspada terhadap dampak yang mungkin ditimbulkan," ujar Prakirawan Stasiun Meteorologi Kelas I Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan BMKG Balikpapan Ilham Rosihan Fachturoni di Balikpapan, Kamis (22/9/2022).

Baca Juga

Dampak dari hujan lebat hingga hujan petir yang dapat disertai dengan angin kencang antara lain banjir, sungai meluap, jalan licin, pohon tumbang, tanah longsor, dan kemungkinan lain sehingga kehati-hatian harus diutamakan oleh semua pihak.

Peringatan dini terhadap prakiraan cuaca ini pun telah disampaikan kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) di provinsi dan kabupaten/kota terkait agar dilakukan antisipasi untuk meminimalisir dampaknya terhadap masyarakat. Dari 10 daerah di Kaltim, hanya dua daerah yang diprakirakan tidak terjadi hujan lebat hingga hujan petir pada dua hari ke depan, yakni Kabupaten Berau dan Kota Samarinda.

Sedangkan delapan daerah yang diprakirakan mengalami hujan lebat hingga hujan petir adalah Kota Bontang, yakni pada Sabtu pagi sekitar pukul 05.00 Wita diprakirakan terjadi hujan lebat di semua kecamatan. Kabupaten Kutai Barat pada Jumat malam sekitar pukul 20.00 dan 23.00 Wita hujan lebat dan hujan petir diprakirakan terjadi di Kecamatan Bongan, Damai, Melak, Muara Pahu, Barong Tongkok, Jempang, Muara Lawa, Nyuatan, dan Kecamatan Sekolaq Darat.

Pada Sabtu dini hari hingga pagi sekitar pukul 02.00, 05.00, dan 08.00 Wita, hujan petir diprakirakan terjadi di semua kecamatan atau di 17 kecamatan pada Kabupaten Kutai Barat. Untuk Kabupaten Kutai Kartanegara, pada Jumat sekitar pukul 20.00 Wita hujan petir di Kecamatan Tabang, pukul 23.00 Wita di Kecamatan Muara Jawa, Anggana, Kembang Janggut, Kenohan, Loa Janan, dan Samboja.

Pada Sabtu dini hari sekitar pukul 02.00 dan 05.00 Wita diprakirakan terjadi di Kecamatan Muara Badak, Muara Muntai, Sebulu, Kembang Janggut, Kenohan, Kota Bangun, Marangkayu, Muara Kaman, dan Muara Wis. Di Kabupaten Kutai Timur pada Jumat malam dan Sabtu dini hari hujan lebat hingga hujan petir berpotensi terjadi di Kecamatan Batu Ampar, Muara Ancalong, Long Mesangat, Muara Bengkal, Sangatta Utara, Sangatta Selatan, dan Teluk Pandan.

Kabupaten Mahakam Ulu pada Jumat sekitar pukul 20.00 Wita hujan petir berpotensi terjadi di Kecamatan Long Bagun dan Laham, Sabtu dini hari sekitar pukul 02.00 hujan petir diprakirakan terjadi di Kecamatan Long Hubung. Kabupaten Paser pada Jumat malam dan Sabtu pagi, hujan lebat hingga hujan petir berpotensi terjadi di Kecamatan Batu Sopang, Muara Komam, Long Ikis, dan Kecamatan Tanjung Harapan.

"Kabupaten Penajam Paser Utara pada Sabtu dini hari dan pagi, hujan lebat hingga hujan petir berpotensi terjadi di Kecamatan Penajam dan Kecamatan Sepaku," ujar Ilham.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement