Jumat 23 Sep 2022 18:18 WIB

HA IPB Saring 5.000 Pengurus OSIS untuk Dapat Tiket Masuk Kuliah

Mereka akan berkompetisi mendapatkan 10 tiket masuk kuliah di IPB.

Red: Andi Nur Aminah
Kuliah favorit calon mahasiswa baru (ilustrasi)
Foto: mgrol101
Kuliah favorit calon mahasiswa baru (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Himpunan Alumni (HA) Institut Pertanian Bogor (IPB) menyaring 5.000 siswa yang pernah menjadi pengurus OSIS tingkat SMA/SMK dan sederajat serta pengurus ekstrakurikuler di seluruh Indonesia. Tujuan penyaringan untuk berkompetisi mendapatkan 10 tiket masuk kuliah di perguruan tinggi tersebut.

Sekjen HA IPB Sukma Kamajaya saat jumpa pers di gedung Himpunan Alumni IPB, Jumat (23/9/2022) mengatakan program yang sudah berjalan dua tahun, yakni Future Agile Leadership Program (FALP) 2022 menyasar siswa dan siswi berbagai daerah. Mereka berkesempatan mendapatkan undangan kuliah di IPB atas kemampuan kepemimpinannya.

Baca Juga

"Menjawab tantangan bonus demografi, supaya adik-adik kita ini dari awal sudah disiapkan softskill yang memang berguna saat mereka menjadi mahasiswa," kata Sukma.

Sukma menyampaikan dua tahun pandemi semua orang tua mengalami anak-anaknya belajar daring. Sehingga diharapkan dapat mengakselerasi apa yang mereka tidak dapat di sekolah.

Para siswa dan siswi yang mengikuti FALP 2022 akan dibina oleh alumni terbaik IPB selama Bulan Oktober hingga Desember 2022. Sebanyak 5.000 siswa dan siswi itu akan disaring menjadi 500, kemudian menjadi 50 orang terbaik dan tersisa 10 orang yang berhasil mendapatkan tiket masuk kuliah jalur undangan.

Rangkaian yang harus diikuti para siswa dan siswi ialah seminar series, mentoring, social program incubator dan leadership camp di IPB. Ribuan siswa yang mengikuti program ini tidak dipungut biaya hingga akhir sesi.

Selanjutnya, dari 10 siswa yang lolos seleksi akan dipilih lima orang penerima beasiswa penuh selama kuliah di IPB. Sementara lima orang lainnya diberikan undangan tiket masuk kuliah yang diperebutkan ribuan siswa setiap tahunnya. Pendaftaran program jalur undangan beasiswa ini masih berlangsung hingga Oktober 2022.

Ketua FALP 2022 Ageiliana Tri Pamilih yang juga ketua panitia menambahkan siswa dan siswi yang dapat mendaftar program ini adalah ketua, wakil dan kepala bidang dari OSIS dan ekstrakurikuler. Mereka yang mendaftar akan mendapatkan pengalaman berkompetisi dan berani menunjukkan kemampuan sebelum memasuki masa perkuliahan.

Biaya program ini ditanggung sepenuhnya oleh HA IPB bersama mitra. Sehingga siswa tinggal mengikutinya melalui daring hingga berkemah bersama jika lolos seleksi 10 besar. "Kami mendukung calon-calon pemimpin lahir dari program ini dan mendapatkan pengalaman yang hebat di IPB," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement