Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Maria Tanjung Sari

Cara Efektif Hilangkan Stress Dalam Hidup

Curhat | Saturday, 24 Sep 2022, 12:20 WIB

Sumber Gambar: Pexels

Dalam hidup ini tentu saja kita tidak akan pernah lepas dari yang namanya masalah. Setiap orang pasti memiliki masalah mereka masing-masing. Misalnya saja masalah terkait keuangan, percintaan, keluarga dan berbagai masalah lainnya.

Ketika duduk di bangku SMA, memiliki guru Bahasa Inggris yang terkadang mempersulit siswa dengan memberi nilai sulit menjadi masalah bagi siswa SMA.

Namun ketika bekerja, tentu masalah yang dijumpai lain lagi. Masalah dengan rekan kerja, pimpinan dan beban kerja yang berat bisa jadi menimpa beberapa karyawan.

Tak kunjung mendapat jodoh bisa jadi adalah masalah bagi kalian yang belum menikah padahal usia sudah cukup dan pekerjaan bisa dibilang sudah mapan.

Tidak ada hidup yang sempurna. Bahkan di balik kesempurnaan itu ternyata memiliki masalah. Yang harus kita lakukan ketika mendapat masalah adalah menyikapi dengan bijak hal itu.

Tuhan tak akan memberi masalah tanpa memberi hikmah dari setiap masalah yang dialami oleh manusia. Justru dengan adanya masalah, manusia bisa menjadi lebih kuat dari sebelumnya.

Masalah yang tidak bisa ditangani oleh seorang individu akan menyebabkan stress dimana bisa membuat kesehatan mental seseorang terganggung.

Stress sendiri merupakan kondisi psikis maupun mental yang dialami oleh seseorang sebagai reaksi atas suatu peristiwa yang terjadi pada dirinya. Misalnya saja seseorang yang mengalami masalah rumah tangga dengan pasangan, baik itu istri atau suami. Jika masalah dengan pasangan dalam rumah tangga tidak bisa diatasi dengan baik, maka akan menimbulkan stress.

Banyak gejala yang dirasakan seseorang ketika mengalami stress antara lain sulit berkonsentrasi terhadap sesuatu hal seperti belajar dan bekerja, sulit tidur atau insomnia di malam hari. makan menjadi tidak berselera, merasa gelisah dan berbagai gejala lain yang tampak.

Tentu saja mengalami stress itu sangat tidak nyaman bagi seorang individu. Jika ibu rumah tangga mengalami stress, maka banyak pekerjaan di rumah yang terbengkalai, anak-anak menjadi tidak diurus dan pertengkaran dengan suami kerap terjadi.

Jika seseorang yang berstatus karyawan stress, maka sulit menyelesaikan pekerjaan dengan baik, tidak menikmati hari-hari ketika masuk kerja. Akibatnya produktifitas menjadi menurun dan bisa jadi kerja jadi sering melakukan kesalahan.

Lalu, bagaimana cara menghilangkan stress? Kalau saya punya cara tersendiri untuk menghilangkan stress yaitu

Lakukan relaksasi

Relaksasi bertujuan untuk menenangkan pikiran sejenak dari banyaknya aktivitas keseharian di luar sana. Kalian bisa mendengarkan musik atau tidur sejenak di kamar. Ada banyak aplikasi meditasi online yang bisa kalian unduh untuk mendengarkan musik relaksasi.

Berpikiran positif dan selalu bersyukur

Walaupun sedang mengalami masalah, tetap berpikiran positif dan bersyukur kepada Tuhan bahwa setiap masalah akan ada solusinya. Namun waktunya saja yang kita belum tahu kapan masalah akan berakhir dengan happy ending

Ambil cuti dan pergi ke luar kota

Jika Anda punya budget untuk pergi ke luar kota, maka pertimbangkan untuk ambil cuti sejenak dan berlibur menjauh sejenak dari kota domisili. Minimal ketika sampai ke rumah, pikiran menjadi lebih segar dan siap untuk menghadapi masalah yang mungkin masih belum selesai.

Semoga cara sederhana dari saya bermanfaat ya. Tetap semangat dalam menjalani hidup dan jangan pernah menyerah. Tentu saja cara efektif hilangkan stress ini juga pernah saya aplikasikan untuk diri sendiri.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image