Ahad 25 Sep 2022 12:25 WIB

General Motors Minta Karyawan Kembali Bekerja di Kantor

Ford Motor akan mempertahankan produksi model hibrida fleksibel.

Rep: Iit Septyaningsih/ Red: Nidia Zuraya
Produsen mobil asal Amerika Serikat Ford Motor Company.
Foto: EPA
Produsen mobil asal Amerika Serikat Ford Motor Company.

REPUBLIKA.CO.ID, MICHIGAN -- General Motors Co (GM) menjadi perusahaan terbaru yang meminta karyawan perusahaan kembali ke kantor, setidaknya untuk sebagian waktu. Karyawan yang telah bekerja dari jarak jauh atau Work From Home (WFH) selama pandemi Covid-19 diharapkan masuk ke siklus kerja tatap muka yang lebih teratur.

Juru bicara perusahaan mengatakan, karyawan diharuskan masuk selama tiga hari dalam sepekan. Kebijakan kembali ke kantor itu akan berlaku akhir tahun ini.

Baca Juga

"Kami berkomitmen menjaga fleksibilitas guna memastikan karyawan kami dapat memenuhi komitmen pribadi. Kami akan membagikan detailnya dengan mereka dalam beberapa minggu mendatang," ujar Juru bicara General Motors Co seperti dilansir Bloomberg, Ahad (25/9/2022).

GM yang berbasis di Detroit bergabung dengan daftar panjang perusahaan, termasuk Apple Inc, Peloton Interactive Inc, dan Comcast Corp, yang telah meminta pekerja sejak Hari Buruh agar kembali ke kantor beberapa hari dalam seminggu. Sebelumnya seperti sebagian besar industri otomotif, GM mengizinkan pekerja kerah putih supaya masuk dari jarak jauh di bawah strategi bekerja dengan tepat selama pandemi.

Ford Motor Co mengatakan pada Sabtu (24/9/2022), perusahaannya mempertahankan model hibrida fleksibel yang hanya membutuhkan pekerja bergaji supaya tampil secara langsung untuk pertemuan kelompok. Lalu Mitsubishi Motors North America Inc menawarkan karyawan korporatnya pilihan bekerja dari rumah sepanjang waktu.

Kebijakan tersebut sangat kontras dengan Tesla Inc, Chief Executive Officer Elon Musk memerintahkan pekerja pada Juni supaya menghabiskan 40 jam per pekan di kantor. Mereka diminta mengabaikan pekerjaan jarak jauh sebagai kepura-puraan.

Sementar, banyak CEO tetap kritis terhadap pekerjaan jarak jauh. Beberapa penelitian menunjukkan, orang yang bekerja dari rumah sama produktifnya dan biasanya lebih puas daripada pekerja kantoran.

Hanya saja kemampuan untuk bekerja dari jarak jauh menimbulkan masalah bagi perusahaan dengan campuran pekerja kerah putih dan pekerja garis depan. Manajemen dinilai harus berjalan di garis yang bagus ketika mereka memberikan fleksibilitas kepada beberapa karyawan dan tidak kepada orang lain.

Dikutip dari situs web perusahaan, GM mempekerjakan lebih dari 94 ribu orang di Amerika Serikat (AS). Termasuk sekitar 2.300 pekerja di kantor pusat global Detroit Renaissance Center.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا لَا تَدْخُلُوْا بُيُوْتَ النَّبِيِّ اِلَّآ اَنْ يُّؤْذَنَ لَكُمْ اِلٰى طَعَامٍ غَيْرَ نٰظِرِيْنَ اِنٰىهُ وَلٰكِنْ اِذَا دُعِيْتُمْ فَادْخُلُوْا فَاِذَا طَعِمْتُمْ فَانْتَشِرُوْا وَلَا مُسْتَأْنِسِيْنَ لِحَدِيْثٍۗ اِنَّ ذٰلِكُمْ كَانَ يُؤْذِى النَّبِيَّ فَيَسْتَحْيٖ مِنْكُمْ ۖوَاللّٰهُ لَا يَسْتَحْيٖ مِنَ الْحَقِّۗ وَاِذَا سَاَلْتُمُوْهُنَّ مَتَاعًا فَاسْـَٔلُوْهُنَّ مِنْ وَّرَاۤءِ حِجَابٍۗ ذٰلِكُمْ اَطْهَرُ لِقُلُوْبِكُمْ وَقُلُوْبِهِنَّۗ وَمَا كَانَ لَكُمْ اَنْ تُؤْذُوْا رَسُوْلَ اللّٰهِ وَلَآ اَنْ تَنْكِحُوْٓا اَزْوَاجَهٗ مِنْۢ بَعْدِهٖٓ اَبَدًاۗ اِنَّ ذٰلِكُمْ كَانَ عِنْدَ اللّٰهِ عَظِيْمًا
Wahai orang-orang yang beriman! Janganlah kamu memasuki rumah-rumah Nabi kecuali jika kamu diizinkan untuk makan tanpa menunggu waktu masak (makanannya), tetapi jika kamu dipanggil maka masuklah dan apabila kamu selesai makan, keluarlah kamu tanpa memperpanjang percakapan. Sesungguhnya yang demikian itu adalah mengganggu Nabi sehingga dia (Nabi) malu kepadamu (untuk menyuruhmu keluar), dan Allah tidak malu (menerangkan) yang benar. Apabila kamu meminta sesuatu (keperluan) kepada mereka (istri-istri Nabi), maka mintalah dari belakang tabir. (Cara) yang demikian itu lebih suci bagi hatimu dan hati mereka. Dan tidak boleh kamu menyakiti (hati) Rasulullah dan tidak boleh (pula) menikahi istri-istrinya selama-lamanya setelah (Nabi wafat). Sungguh, yang demikian itu sangat besar (dosanya) di sisi Allah.

(QS. Al-Ahzab ayat 53)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement