Senin 26 Sep 2022 08:06 WIB

Kia Tarik Lebih dari 70 Ribu Mobil di AS karena Kerusakan Papan Sirkuit

Mobil yang ditarik terdiri dari model Sorento dan Sportage.

Red: Nidia Zuraya
All New Kia Sorento. Kia secara sukarela menarik lebih dari 70.000 mobil yang terdiri dari model Sorento dan Sportage di Amerika Serikat karena kerusakan papan sirkuit.
Foto: Antara
All New Kia Sorento. Kia secara sukarela menarik lebih dari 70.000 mobil yang terdiri dari model Sorento dan Sportage di Amerika Serikat karena kerusakan papan sirkuit.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kia secara sukarela menarik lebih dari 70 ribu mobil yang terdiri atas model Sorento dan Sportage di Amerika Serikat karena kerusakan papan sirkuit. Masalah di papan sirkuit mobil yang terdampak dapat mengakibatkan insiden kebakaran, klaim Administrasi Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya Nasional (NHTSA), seperti disiarkan Hindustan Times, Ahad (25/9/2022).

Laporan mengeklaim, cacat tersebut terletak di dalam modul harness tow hitch, yang dapat terbakar saat mengemudi atau bahkan saat kunci kontak dimatikan. Hal ini terjadi sebagai bagian dari serangkaian penarikan terkait risiko kebakaran dari Hyundai Motor Group baru-baru ini.

Baca Juga

NHTSA mengeklaim, lebih dari 22 ribu  mobil yang ditarik memiliki tali pengikat derek sebagai opsi yang dipasang di port, sementara hampir 49 ribu unit memasang aksesori di diler. Model Kia Sorento yang terkena dampak termasuk dalam seri 2016, dan beberapa diproduksi hingga 27 Oktober 2014. 

Bahkan beberapa model Kia Sorento PHEV 2023 juga terpengaruh, klaim laporan tersebut. Di sisi lain, model Kia Sportage yang terpengaruh diproduksi antara 10 Desember 2015 dan 7 Desember 2021.

Seperti yang diklaim dokumen penarikan, kontaminasi bahan asing dan kelembapan pada papan sirkuit cetak (PCB) modul tow hitch harness dapat mengakibatkan korsleting listrik, sehingga meningkatkan risiko kebakaran modul tow hitch harness. Asal usul kontaminasi PCB saat ini tidak diketahui tetapi sedang diselidiki, klaim pembuat mobil.

Penarikan terbaru oleh Kia ini serupa dengan penarikan sebelumnya yang melibatkan Hyundai Palisade dan Kia Telluride. Dalam penarikan terakhir, pemilik kendaraan telah disarankan untuk parkir di luar sampai masalah teratasi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement