Senin 26 Sep 2022 09:02 WIB

Skor IELTS Kita Ada di Level CEFR yang Mana?

Dalam penilaian CEFR terdiri dari enam level yang dibagi menjadi tiga kelompok yaitu basic, independent, dan proficient.

Rep: Calakan Media/ Red: Partner
.
Foto: network /Calakan Media
.

Terkadang untuk mendaftar pekerjaan atau kuliah di luar negeri tidak selalu menggunakan TOEFL. Malah beberapa negara lebih mengutamakan skor IELTS. Hampir semua instansi biasanya langsung menyebutkan skor IELTS yang disyaratkan. Akan tetapi, beberapa instansi yang lain cenderung tidak mematok skor IELTS dan TOEFL. Mereka menggunakan sistem level dari CEFR atau Common European Framework of Reference. Level pada CEFR ini mulai dari A1 hingga C2.

foto : dok. republika.co.id

Dalam penilaian CEFR terdiri dari enam level yang dibagi menjadi tiga kelompok yaitu basic, independent, dan proficient. Untuk lebih jelasnya, berikut pengelompokkan skor IELTS:

1. Basic, merupakan level A1 (elementary) dan A2 (pre-intermediate)

2. Independent, merupakan level B1 (intermediate) dan B2 (upper intermediate)

3. Proficient, merupakan level C1 (advanced) dan C2 (proficient)

CEFR A1 & A2

CEFR A1 atau A2 setara dengan skor IELTS antara 0 dan 4. Kalian memiliki level “basic user” yang artinya kalian merupakan kategori pengguna dasar dan penggunaan bahasa Inggris masih terbatas dalam kehidupan sehari-hari.

CEFR B1

CEFR B1 setara dengan skor IELTS antara 4 dan 5. Artinya, kalian termasuk dalam kategori “independent user”. Ini dianggap cukup untuk berinteraksi dengan penutur bahasa Inggris tentang topik yang sudah dikenal. Kalian harus bekerja sedikit lebih keras untuk meningkatkan skor jika kalian ingin diterima di universitas di luar negeri.

CEFR B2

CEFR B2 setara dengan skor IELTS antara 5,5 dan 6,5. Kalian dianggap sebagai “independent user”. Artinya, dapat berkomunikasi dengan mudah dan spontan dengan cara yang jelas dan detail. Kalian juga dapat memahami dan dipahami dalam kebanyakan situasi. Dengan skor ini, kalian memiliki peluang untuk diterima di universitas top.

CEFR C1

CEFR C1 setara dengan skor IELTS antara 7 dan 8. Artinya, kalian merupakan "proficient user" yang dapat memahami berbagai teks yang menuntut dan lebih panjang, dan mengenali makna tersirat. Dari skor ini,sobat Calakan memiliki peluang tinggi untuk diterima di universitas top.

CEFR C2

CEFR C2 setara dengan skor IELTS antara 8,5 dan 9. Kalian dianggap sebagai "proficient user" dan itu berarti bahwa kalian menguasai Bahasa Inggris dengan benar dan kemungkinan besar akan diterima di universitas terkemuka.

Beberapa instansi tempat kalian melamar pekerjaan atau mendaftar kuliah di luar negeri mensyaratkan minimal skor 6,5. Artinya jika dilihat dari level CEFR, skor 6,5 berada di level B2. Namun, menurut website resmi IELTS, skor 6,5 hingga 6,9 ini sudah naik berada di level C1. Jadi sebelum kalian mendaftar, pastikan membaca syarat skor IELTS atau level CEFR dengan teliti. (Lutfie Fahrizal Rizky)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement