Selasa 27 Sep 2022 05:25 WIB

Lima Amalan yang Membuat Malaikat Mendoakan Manusia

Malaikat mendoakan manusia yang melakukan amal soleh dan memiliki iman di hatinya.

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Ani Nursalikah
Sejumlah anak didampingi relawan Sekolah Rakyat Bekasi (SRB) saat mengikuti pelajaran bahasa Inggris di Bekasi, Jawa Barat, Sabtu (30/7/2022). Lima Amalan yang Membuat Malaikat Mendoakan Manusia
Foto: ANTARA/Suwandy
Sejumlah anak didampingi relawan Sekolah Rakyat Bekasi (SRB) saat mengikuti pelajaran bahasa Inggris di Bekasi, Jawa Barat, Sabtu (30/7/2022). Lima Amalan yang Membuat Malaikat Mendoakan Manusia

REPUBLIKA.CO.ID, KAIRO -- Alquran menyebut malaikat sebagai salah satu makhluk ciptaan Allah SWT yang taat dan selalu bertasbih kepada-Nya. Selain mengerjakan tugas-tugasnya, Allah SWT menjelaskan dalam Alquran bahwa malaikat juga mendoakan manusia-manusia yang melakukan amal soleh dan memiliki iman di hatinya.

Malaikat yang mendoakan manusia ini dijelaskan juga dalam surat Al-Mu’min atau Ghafir Ayat 7:

Baca Juga

ٱلَّذِينَ يَحْمِلُونَ ٱلْعَرْشَ وَمَنْ حَوْلَهُۥ يُسَبِّحُونَ بِحَمْدِ رَبِّهِمْ وَيُؤْمِنُونَ بِهِۦ وَيَسْتَغْفِرُونَ لِلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ رَبَّنَا وَسِعْتَ كُلَّ شَىْءٍ رَّحْمَةً وَعِلْمًا فَٱغْفِرْ لِلَّذِينَ تَابُوا۟ وَٱتَّبَعُوا۟ سَبِيلَكَ وَقِهِمْ عَذَابَ ٱلْجَحِيمِ

Artinya: "(Malaikat-malaikat) yang memikul 'Arsy dan malaikat yang berada di sekelilingnya bertasbih memuji Tuhannya dan mereka beriman kepada-Nya serta memintakan ampun bagi orang-orang yang beriman (seraya mengucapkan): "Ya Tuhan kami, rahmat dan ilmu Engkau meliputi segala sesuatu, maka berilah ampunan kepada orang-orang yang bertaubat dan mengikuti jalan Engkau dan peliharalah mereka dari siksaan neraka yang menyala-nyala."

Dilansir dari Elbalad (26/9/2022), Wakil Sekretaris Kementerian Wakaf Mesir Ayman Abu Omar kemudian mengatakan ada lima hal dari tindakan mereka yang dikagumi para malaikat. Mereka bahkan berdoa kepada Allah untuk hamba yang melakukan amalan-amalan tersebut.

1. Duduk di masjid menunggu waktu sholat

Menunggu waktu sholat di masjid adalah salah satu amalan yang membuat seorang manusia didoakan para malaikat. Manusia yang melakukan ini juga harusnya adalah mereka tidak melakukan dosa atau kemaksiatan pada hari itu.

2. Sholat jamaah dan berada di shaf terdepan

Malaikat akan mendoakan orang yang sholat berjamaah dan berada di baris pertama atau kedua.

3. Manusia yang mendoakan orang lain

Manusia yang ingin didoakan para malaikat juga adalah hamba yang senantiasa berdoa bagi orang lain tanpa diketahui orang yang didoakan. Dia hanya melakukannya karena Allah SWT.

4. Orang yang mengajarkan ilmunya

Barang siapa yang memiliki ilmu yang bermanfaat, kemudia dia sebarkan atau bagikan kepada orang lain maka orang itu akan didoakan oleh malaikat.

5. Mengeluarkan harta di jalan Allah SWT

Rasulullah sallallahu alaihi wa sallam pernah bersabda: Ya Allah berilah orang yang menafkahkan penggantinya. Orang yang mengeluarkan hartanya untuk orang lain akan akan didoakan oleh manusia dan malaikat. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement