Senin 26 Sep 2022 21:18 WIB

Kalah Saing, Trent Alexander-Arnold Kemungkinan Keluar dari Skuad Inggris

Southgate melihat ada banyak stok bek berkualitas di posisi bek kanan.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Trent Alexander Arnold (kanan).
Foto: AP/Sakchai Lalit
Trent Alexander Arnold (kanan).

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Timnas Inggris akan menghadapi Jerman pada matchday keenam Grup A3 UEFA Nations League di Wembley Stadium, London, Selasa (27/9/2022) dini hari WIB. Bek kanan Liverpool Trent Alexander-Arnold diperkirakan akan keluar dari skuad Inggris pada laga tersebut.

Pemain berusia 23 tahun itu telah berjuang untuk mempertahankan tempat awal reguler di bawah manajer Gareth Southgate, yang membuat Alexander-Arnold di bangku cadangan saat Inggris kalah 0-1 dari Italia demi menggunakan pemain Chelsea Reece James.

Baca Juga

Sekarang, bagaimanapun, banyak sumber telah melaporkan bahwa Alexander-Arnold bahkan tidak akan berada di banch skuad Inggris melawan Jerman, yang kehilangan peluang untuk memenangkan Grup 3 setelah kekalahan 0-1 dari Hungaria.

Menjelang pertandingan, Southgate merenungkan keputusan sulit yang harus dia buat untuk posisi bek kanan di setiap pertandingan. "Tentu saja, dia memiliki jangkauan umpan yang fantastis, kami diberkati dengan profil pemain yang berbeda di posisi itu," kata Southgate tentang bek Liverpool, dikutip dari 90min, Senin (26/9/2022).

"Jika kami bermain dengan bek sayap, (Kieran) Trippier dan Reece James juga luar biasa dengan bola, dengan cara yang berbeda, dan kami selalu harus melihat paket lengkap dengan segalanya dan menilai para pemain dengan semua atribut mereka," kata dia. 

Southgate menyebut ini sebagai keputusan sulit karena deretan pemain yang dia miliki untuk posisi itu mempunyai kualitas masing-masing. Setidaknya, beberapa pernah ke final Liga Champions dan pernah ke tahap akhir turnamen besar bersama tim.

"Trent memenangkan liga, Trippier memenangkan liga Spanyol, (Kyle) Walker memenangkan liga Inggris, ada banyak hal bagus tentang mereka," lanjut Southgate. 

"Ini adalah posisi yang sangat sulit untuk membuat keputusan, tetapi kami harus mengambil keputusan yang kami yakini, dan pada akhirnya saya akan dinilai berdasarkan hasilnya, seperti yang kita ketahui," ujarnya.

Southgate meluangkan waktu untuk memuji bos Liverpool Jurgen Klopp karena telah menemukan cara untuk memaksimalkan kekuatan Alexander-Arnold.

"Saya tidak melihat risiko. Anda dapat memiliki gaya permainan dan cara bermain, dan keseimbangan tim, bahwa di Liverpool mereka menemukan cara bermain yang mengeluarkan atribut terbaiknya," katanya.

"Dan itulah yang kami semua coba lakukan dengan setiap tim, Anda mencoba membangun tim yang menonjolkan hal-hal positif, dan di dalam grup melindungi diri Anda sendiri dari bagaimana lawan mungkin datang dari Anda," lanjut Southgate. 

Jarrod Bowen, Fikayo Tomori dan James Ward-Prowse juga dikeluarkan dari skuad, sementara Jack Grealish diskors. Ada tempat untuk striker Brentford Ivan Toney, yang berpeluang mendapatkan caps pertamanya setelah absen karena kekalahan dari Italia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement