Selasa 27 Sep 2022 10:47 WIB

UGM Jadi Perguruan Tinggi Terbaik Program Kreativitas Mahasiswa Tahun 2022

UGM mendapatkan pendanaan dan insentif untuk 117 judul atau tim PKM tahun 2022.

Rep: Kampus Republika/ Red: Partner
.
Foto: network /Kampus Republika
.

UGM menjadi<a href= perguruan tinggi terbaik di klaster 1 dalam Program Kreativitas Mahasiswa (PKM). " />
UGM menjadi perguruan tinggi terbaik di klaster 1 dalam Program Kreativitas Mahasiswa (PKM).

Kampus—Universitas Gadjah Mada (UGM) menjadi perguruan tinggi terbaik dalam Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) sebagai peraih pendanaan dan insentif PKM terbanyak tahun 2022. Berdasar pengumuman yang dirilis Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) Kemendikbudristek UGM menjadi perguruan tinggi terbaik di klaster 1.

"UGM mendapatkan pendanaan dan insentif untuk 117 judul atau tim PKM tahun 2022 ini,” jelas Direktur Kemahasiswaan UGM Dr Suharyadi, Senin (26/09/22) seperti dirilis laman ugm.ac.id.

Suharyadi menyampaikan capaian sebagai perguruan tinggi dengan raihan pendanaan dan insentif terbanyak pada PKM tahun 2022 ini merupakah hasil kerja keras tim PKM mahasiswa UGM di bawah arahan dosen pembina dan pendamping. Selain itu, juga dukungan dari pimpinan universitas dan fakultas yang sangat besar. Hal tersebut menjadikan PKM UGM menjadi peraih pendanaan dan insentif terbanyak dalam beberapa tahun terakhir.

“Namun, kita masih ada tantangan diajang PIMNAS yang rencananya akan diselenggarakan akhir tahun, semoga tim PKM UGM juga bisa tampil baik di PIMNAS 2022 ini,” tuturnya.

Kasubdit Kreativitas Mahasiswa UGM, Suherman, PhD, menambahkan pada tahun 2022 ini UGM berhasil meloloskan 84 tim atau judul PKM yang mendapatkan pendanaan dari PKM 8 bidang. Lalu, 33 tim atau judul yang mendapatkan insentif dari 2 bidang. Dengan begitu total UGM mendapatkan pendanaan dan insentif untuk 117 judul atau tim PKM tahun 2022.

Untuk mempertahankan prestasi yang diraih, ia mengatakan UGM akan terus menjaga proses regenerasi tim PKM mahasiswa dan dosen pembina serta pendamping PKM. Sebab, hal tersebut menjadi kunci stabilitas prestasi PKM dan PIMNAS kedepan.

“Karena PKM-PIMNAS ini tiap tahun diikuti 1.000 an lebih kampus di Indonesia, sangat kompetifif dan semua kampus terus berbenah setiap tahunnya,”katanya.

Pemeringkatan yang disampaikan Ditjen Dikti tersebut dirilis dalam masing-masing klaster. Ada 18 perguruan tinggi yang berhasil masuk dalam pemeringkatan yang terbagi dalam 5 klaster berdasar raihan pendanaan dan insentif terbanyak pada PKM 2022.

PKM merupakan kegiatan yang diselenggarakan oleh Kemendikbudristek yang dibuka bagi mahasiswa di universitas negeri maupun swasta di Indonesia. Terdapat 10 bidang PKM yang dapat diikuti oleh mahasiswa yaitu PKM Riset Eksakta (PKM-RE), PKM Riset Sosial Humaniora (PKM-RSH), PKM Kewirausahaan (PKM-K), PKM Pengabdian kepada Masyarakat (PKM-PM), PKM Penerapan Iptek (PKM-PI), PKM-Karsa Cipta (PKM-KC), PKM Karya Inovatif (PKM-KI), PKM-Karya Video Gagasan Konstruktif (PKM-VGK), PKM Gagasan Futuristik Terpadu (PKM-GFT), serta PKM Artikel Ilmiah (PKM-AI).

Baca juga :

UGM Buka Rangkaian Dies Natalis ke-73, dari Seminar Sampai Pagelaran Wayang

UGM Buka Lowongan Dosen Tetap 19 Fakultas dengan 258 Formasi

Ini Profil Prof Ova Emilia, Rektor Wanita Kedua UGM

UGM Masuk 10 Besar Dunia Kampus Paling Top di Instagram Versi Emplifi

Tim Reactics Chem-E-Car UGM Raih Juara 1 di Malaysia

Hebat ! Mahasiswa UGM Juara Numberg Moot Court Competition 2022 di Belanda

9.833 Mahasiswa UGM Ikuti PPSMB 2022, Pertama Kali Luring Sejak Pandemi Covid-19

Sosiolog UGM : Citayam Fashion Week Sangat Brilian, Perlu Diapresiasi

Merasa Insecure ? Begini Tips Menghadapinya dari Dosen Psikologi UGM

Ikuti informasi penting dan menarik dari kampus.republika.co.id.Silakan sampaikan masukan, kritik, dan saran melalui e-mail : kampus.republika@gmail.com

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement