Selasa 27 Sep 2022 12:13 WIB

Ditunjuk Jadi Mitra Distribusi, BNI Sekuritas Optimistis ORI022 Terserap Optimal

BNI Sekuritas yakin ORI022 terserap seiring makin banyaknya investor

Rep: Retno Wulandhari/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
PT BNI Sekuritas (BNIS) resmi ditunjuk oleh Kementerian Keuangan (Kemenkeu) sebagai mitra distribusi penjualan instrumen investasi Surat Berharga Negara (SBN). Obligasi Negara Ritel (ORI) Seri ORI022 diyakini akan terserap optimal pada tahun ini.
Foto: BNI
PT BNI Sekuritas (BNIS) resmi ditunjuk oleh Kementerian Keuangan (Kemenkeu) sebagai mitra distribusi penjualan instrumen investasi Surat Berharga Negara (SBN). Obligasi Negara Ritel (ORI) Seri ORI022 diyakini akan terserap optimal pada tahun ini.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT BNI Sekuritas (BNIS) resmi ditunjuk oleh Kementerian Keuangan (Kemenkeu) sebagai mitra distribusi penjualan instrumen investasi Surat Berharga Negara (SBN). Obligasi Negara Ritel (ORI) Seri ORI022 diyakini akan terserap optimal pada tahun ini. 

“Saya melihat potensi penyerapan ORI022 ini akan tinggi seiring dengan jumlah investor yang terus mengalami pertumbuhan dari tahun ke tahun. Hingga Agustus 2022 total jumlah investor pasar modal mencapai 9.540.027 atau naik 27,38 persen year-to-date (YtD),” kata Direktur Utama BNI Sekuritas Agung Prabowo, Senin (26/9/2022).

ORI022 merupakan SBN ritel kelima dan terakhir yang diterbitkan pemerintah pada tahun ini sekaligus SBN Ritel pertama yang dapat dibeli masyarakat di BNI Sekuritas melalui aplikasi BIONS. BNI Sekuritas mengajak seluruh warga negara Indonesia untuk memanfaatkan instrumen keuangan ini sebagai alternatif berinvestasi sekaligus berkontribusi bagi kemajuan perekonomian negeri.

Masa penawaran ORI022 dimulai pada 26 September 2022 pukul 09:00 sampai 20 Oktober 2022 pukul 10:00. Pembelian/pemesanan minimum ORI022 adalah Rp 1 juta dengan kelipatan Rp 1 juta dan maksimum Rp 5 miliar. 

SBN ini menawarkan tingkat kupon sebesar 5,95 persen per tahun tetap atau fixed rate, dengan tenor tiga tahun. Penerimaan kupon dibayarkan setiap bulan pada tanggal 15 terhitung mulai 15 Desember 2022. Perlu diketahui, ORI022 bisa diperjualbelikan (tradable) di pasar sekunder.

Selain berkontribusi mendukung pembangunan negeri, investasi melalui ORI022 juga memiliki beberapa keunggulan, diantaranya adalah tidak ada risiko gagal bayar karena pembayaran kupon dan pokok SBN ritel dijamin oleh negara. Pajak yang dikenakan pada imbal hasil SBN ritel lebih rendah dari pajak deposito, dan juga bisa menjadi pilihan investasi passive income bagi investor karena imbal hasilnya (kupon) dibayarkan setiap bulan.

Proses pemesanan ORI022 secara online dilakukan melalui empat tahap yaitu pendaftaran, pemesanan, pembayaran dan konfirmasi. Setelah melakukan registrasi SBN, nasabah bisa langsung melakukan pembelian ORI022 di BIONS selama masa penawaran berlangsung. Untuk menambah semangat investasi ORI022, BIONS juga memberikan hadiah voucher belanja Shopee sebesar Rp 75 ribu  dengan melakukan pembelian minimum Rp 50 juta untuk 100 orang pertama.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement