Pemkot Pekalongan Gandeng LPKS Bekali Peserta Pelatihan Kerja

Red: Muhammad Fakhruddin

Pemkot Pekalongan Gandeng LPKS Bekali Peserta Pelatihan Kerja (ilustrasi).
Pemkot Pekalongan Gandeng LPKS Bekali Peserta Pelatihan Kerja (ilustrasi). | Foto: ANTARA/AMPELSA

REPUBLIKA.CO.ID,PEKALONGAN -- Pemerintah Kota Pekalongan, Jawa Tengah, menggandeng 4 lembaga pelatihan kerja swasta (LPKS) dengan memberikan pelatihan kepada 100 peserta tenaga kerja sebagai bekal mereka untuk bekerja.

Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kota Pekalongan Sri Budi Santosa mengatakan, pelatihan ini akan dilaksanakan selama 18 hari, yaitu 4 hari untuk pembekalan materi umum dan 14 hari materi teknis sesuai jurusan.

"Ada 5 paket pelatihan yang ditawarkan kepada peserta, yaitu hantaran, menjahit, serta 3 paket teknologi informasi dan komunikasi," katanya, Selasa (27/9/2022).

Menurut dia, 4 lembaga pelatihan kerja swasta tersebut yaitu LPKS Nisfisano, A Nur, Modiste, dan LPKS Pembangunan.

Baca Juga

"Sebanyak 100 peserta siap mengikuti pelatihan peningkatan keterampilan kerja pada gelombang II ini," kata Sri Budi Santosa.

Sri Budi Santosa yang akrab disapa SBS berpesan kepada seluruh peserta yang telah lulus dari tahap seleksi agar bisa memanfaatkan kesempatan dan mengikuti pelatihan kerja dengan sebaik-baiknya karena hal ini merupakan peluang besar untuk memiliki kompetensi kerja.

"Tentunya kami berharap bekal bagi mereka untuk menjalani masa depan yang lebih baik dalam bekerja mandiri sebagai wirausaha maupun dunia kerja maupun bekerja di perusahaan," katanya.

Dikatakan, berdasarkan hasil survei, hampir 75 persen lulusan balai latihan kerja terserap di pasar kerja baik sebagai wirausaha atau pekerja di perusahaan.

"Ini menjadi bukti nyata, jika masyarakat dapat memanfaatkan program pemerintah dengan baik di antaranya pelatihan kerja yang sudah diberikan maka mereka akan mempunyai dan menguasai kompetensi, serta memanfaatkan potensi itu," katanya.

Terkait


Pemkab Sampang Kurangi Pengangguran Melalui Pelatihan Kerja

Lebih dari 1.000 Anak Muda Pariaman Mencari Kerja Setiap Tahunnya

Pemkot Malang Beri Pelatihan untuk Dorong Lahirnya Wirausahawan Baru

Alokasi Anggaran Program Pendidikan dan Pelatihan Vokasi

Hadirkan Jagoan Wisata, Tiket.com Bantu Desa Wisata Naik Kelas

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

[email protected]

Ikuti

× Image
Light Dark