Rabu 28 Sep 2022 19:06 WIB

Minat Masyarakat di Garut untuk Donor Darah Masih Rendah

Masyarakat pendonor darah di Kabupaten Garut masih relatif sedikit.

Rep: bayu adji p/ Red: Hiru Muhammad
Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Garut menggelar kegiatan donor darah di SMAN 1 Garut, Rabu (28/9/2022). Kegiatan itu dilakukan untuk menumbuhkan kesadaran donor darah di kalangan masyarakat, khususnya kalangan pelajar.
Foto: istimewa
Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Garut menggelar kegiatan donor darah di SMAN 1 Garut, Rabu (28/9/2022). Kegiatan itu dilakukan untuk menumbuhkan kesadaran donor darah di kalangan masyarakat, khususnya kalangan pelajar.

REPUBLIKA.CO.ID, GARUT--Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Garut menggelar kegiatan donor darah di SMAN 1 Garut, Rabu (28/9/2022). Kegiatan itu dilakukan untuk menumbuhkan kesadaran donor darah di kalangan masyarakat, khususnya kalangan pelajar.

Wakil Bupati Garut, Helmi Budiman, mengatakan, masyarakat pendonor darah di Kabupaten Garut masih relatif sedikit. Hanya sekitar 20 ribu labu dari toal 2 juta masyarakat di Kabupaten Garut. Artinya, hanya sekitar 1 persen masyarakat Garut yang mendonorkan darahnya.

Baca Juga

“Nah ini dengan ini, mudah-mudahan meningkat menjadi 3 persen. Kita ingin 3 persen atau ada 60.000 yang rutin mendonorkan darahnya untuk ketersediaan darah di Garut,” kata Helmi, yang juga merupakan Ketua PMi Kabupaten Garut, Rabu.

Karenanya, ia mengimbau kepada masyarakat untuk dapat mendonorkan darahnya secara rutin. Sebab, dengan mendonorkan darah, masyarakat dapat hidup sehat sekaligus juga menyehatkan orang lain.

Helmi juga berterima kasih kepada para siswa, guru, dan alumni, SMAN 1 Garut yang telah berpartisipasi dalam kegiatan donor darah. Ia menilai, kegiatan itu sangat penting untuk membantu stok darah di PMI Kabupaten Garut.

Menurut dia, kebutuhan darah di Kabupaten Garut harus selalu dipenuhi oleh stok yang ada di wilayah sendiri. Bahkan, ia berharap Kabupaten Garut juga bisa menyumbang untuk kebutuhan darah di daerah lain. “Kalau bisa kita nyumbang kepada tempat tempat lain, daerah yang lain yang di luar kabupaten Garut," kata dia.

Sementara itu, Ketua Ranting PMI Kecamatan Tarogong Kidu, Zezen Zaelani, mengatakan, pihaknya saat ini sedang melaksanakan roadshow dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 PMI. Menurut dia, kegiatan donor darah ini merupakan rangkaian kegiatan donor darah yang juga dilaksanakan di beberapa sekolah yang berlokasi di Kecamatan Tarogong Kidul.

“Kemarin kita sudah (melaksakan) di SMAN 6 Garut, adalah target 50 (sudah tercapai) 49 (labu). Sekarang kita targetnya seratus, alhamdulillah sudah melebihi. Kemudian di MAN 2 Garut kemarin Senin target kita sama 50 (labu), alhamdulillah sudah dapat 22 (labu),” kata dia.

Kepala Sekolah SMAN 1 Garut, Sumpena Permana Putra, menyampaikan, acara donor darah ini merupakan salah satu agenda rutin di SMAN 1 Garut yang sudah berjalan sejak beberapa tahun lalu. Menurut dia, kegiatan donor darah ini biasanya dilaksanakan sekitar 3-4 bulan sekali dan diikuti oleh semua siswa.

“Sebetulnya kita itu masih yang terikat mungkin ya, ada yang alumni ada juga yang kesini, karena komunikasi masih tetap dengan kita jadi begitu ada berita akan ada donor nah dari yang alumni juga ada, jadi masih keluarga besar lah,” kata dia.

 

 

 

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَلَا تُؤْمِنُوْٓا اِلَّا لِمَنْ تَبِعَ دِيْنَكُمْ ۗ قُلْ اِنَّ الْهُدٰى هُدَى اللّٰهِ ۙ اَنْ يُّؤْتٰىٓ اَحَدٌ مِّثْلَ مَآ اُوْتِيْتُمْ اَوْ يُحَاۤجُّوْكُمْ عِنْدَ رَبِّكُمْ ۗ قُلْ اِنَّ الْفَضْلَ بِيَدِ اللّٰهِ ۚ يُؤْتِيْهِ مَنْ يَّشَاۤءُ ۗوَاللّٰهُ وَاسِعٌ عَلِيْمٌ ۚ
Dan janganlah kamu percaya selain kepada orang yang mengikuti agamamu.” Katakanlah (Muhammad), “Sesungguhnya petunjuk itu hanyalah petunjuk Allah. (Janganlah kamu percaya) bahwa seseorang akan diberi seperti apa yang diberikan kepada kamu, atau bahwa mereka akan menyanggah kamu di hadapan Tuhanmu.” Katakanlah (Muhammad), “Sesungguhnya karunia itu di tangan Allah, Dia memberikannya kepada siapa yang Dia kehendaki. Allah Mahaluas, Maha Mengetahui.”

(QS. Ali 'Imran ayat 73)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement