Jumat 30 Sep 2022 13:19 WIB

Pemkot Jakpus Salurkan Bantuan untuk Korban Kebakaran Cikini

Lurah Pegangsaan akan meminta bantuan rehabilitasi rumah ke Baznas Bazis DKI Jakarta.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Warga melihat puing-puing rumah yang hangus terbakar di kawasan Kali Pasir, Kelurahan Cikini, Kecamatan Menteng, Jakarta, Sabtu (18/12).
Foto: Prayogi/Republika.
Warga melihat puing-puing rumah yang hangus terbakar di kawasan Kali Pasir, Kelurahan Cikini, Kecamatan Menteng, Jakarta, Sabtu (18/12).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintah Kota Jakarta Pusat (Pemkot Jakpus) menyalurkan bantuan makanan siap saji dan logistik kepada ratusan jiwa pengungsi korban kebakaran di Jalan Cikini Kramat, RT 04, RW 01, Kelurahan Pegangsaan, Kecamatan Menteng, Jakarta Pusat.

Lurah Pegangsaan, Sendi Yusuf mengatakan, penyaluran makanan siap saji dilaksanakan tiga kali sehari pada Rabu sampai Jumat. "Bantuan makanan kami berikan tiga kali sehari selama tiga hari. Hari ini terakhir," kata Sendi di Jakarta, Jumat (30/9/2022).

Dia menerangkan, berkolaborasi dengan Satpel Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kecamatan Menteng telah membuka layanan jemput bola untuk mengganti dokumen kependudukan yang ikut terbakar. "Sebagian besar warga korban kebakaran sudah mengurus dokumen kependudukan seperti kartu tanda penduduk, kartu keluarga, akta lahir dan sebagainya yang ikut musnah akibat terbakar," ucap Sendi.

Dia menyampaikan, Palang Merah Indonesia (PMI) Jakpus juga telah menyalurkan 48 paket bantuanb erisi alat mandi dan kebutuhan harian seperti selimut dan sebagainya. "PMI Jakarta Pusat menyalurkan bantuan makanan siap saji bagi korban kebakaran untuk beberapa hari ke depan setelah masa tanggap bencana berakhir pada tanggal 30 (September) mendatang," ujar Sendi.

Dia menuturkan, Ketua DPRD DKI Jakarta, Prasetio Edi Marsudi juga telah meninjau lokasi dan memberikan bantuan dana bagi korban kebakaran di Jalan Cikini Kramat. "Bantuan dari sejumlah pengurus partai politik juga terus berdatangan untuk membantu meringankan beban korban kebakaran," tutur Sendi.

Pihaknya akan mendata kepemilikan lahan korban kebakaran untuk pengajuan bantuan rehabilitasi rumah ke Baznas Bazis DKI Jakarta. "Ketua DPRD DKI Jakarta juga sudah menyatakan siap menyalurkan bantuan bahan bangunan jika nanti rumah warga di Jalan Cikini Kramat dibangun kembali," tambahnya.

Peristiwa kebakaran ini mengakibatkan 48 kepala keluarga atau 164 jiwa kehilangan tempat tinggal dengan kerugian 16 rumah dan 41 kios beserta isinya hangus dilalap api. Kepala Suku Dinas Sosial Jakpus, Abdul Salam mengatakan, jajarannya telah menyalurkan bantuan makanan dan logistik kepada korban kebakaran.

Insiden kebakaran melanda kawasan permukiman padat penduduk di Jalan Cikini Kramat, Menteng pada Selasa (27/9/2022) sekitar pukul 04.30 WIB. Kebakaran tersebut diduga akibat tabung gas bocor dari salah satu warga dengan total kerugian diperkirakan mencapai Rp 2,5 miliar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement