Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Humas Unimuda Sorong

UNIMUDA Sorong Terpilih Menjadi Tuan Rumah Lokakarya UI GreenMetric Perguruan Tinggi se-Indonesia

Info Terkini | Monday, 03 Oct 2022, 08:10 WIB

UNIMUDANews | 2022 merupakan tahun kedua bagi Universitas Pendidikan Muhamamdiyah (UNIMUDA) Sorong turut ikut serta dalam UI GreenMetric World University Ranking yang merupakan perankingan yang di inisiasi oleh Universitas Indonesia yang diluncurkan pada tahun 2010. Perankingan ini memberikan hasil survey daring terkait dengan kondisi dan kebijakan terkini terkait Kampus Hijau dan Keberlanjutan di Universitas seluruh dunia.

Pada tahun ini Universitas Pendidikan Muhammadiyah (UNIMUDA) Sorong terpilih mnenjadi tuan rumah diselenggarakannya Lokakarya UI GreenMetric untuk Perguruan Tinggi se-Indonesia Timur secara online pada Kamis, (15/9).

Pada tahun 2021 lalu UNIMUDA Sorong menduduki peringkat 1 Terbaik UI GreenMetric di Kawasan Indonesia Timur. Lokakarya yang digelar secara online dihadiri oleh Rektor Universitas Pendidikan Muhammadiyah (UNIMUDA) Sorong, Dr. Rustamadji, M.Si.; Ketua UI GreenMetric World University Rangkings, Prof. Riri Fitri Sari, M.Sc., M.M.; Kepala LLDIKTI XII Wilayah Maluku dan Maluku Utara, Dr. Jantje E. Lekatompessy, S.E., M.Si., AK, CA., (Oxon).; Kepala LLDIKTI XIV Wilayah Papua dan Papua Barat, Dr. Suriel S. Mofu, S.Pd., M.Ed., TEFL., M.Phil (Oxon)., beserta seluruh Pimpinan Perguruan Tinggi se-Indonesia Timur yang juga turut hadir. Kegiatan tersebut menghadirkan Abdul Faris Umlati, S.E., Bupati Raja Ampat sebagai Pembicara Utama.

Adapun pada kegiatan tersebut Rektor Universitas Pendidikan Muhammadiyah (UNIMUDA) Sorong pada sambutan menyampaikan pesan kepada seluruh peserta bahwa kita harus bersahabat dengan alam niscaya Tuhan akan memberikan balasan yang lebih baik.

“Bapak/Ibu sesungguhnya ala mini adalah milik seluruh generasi, bukan hanya generasi kita tetapi juga generasi yang akan datang, dan untuk memulai atau mewarisinya kepada generasi yang akan datang patutnya kiota untuk perduli terhadap alam ini. Kita harus memulai dari hal kecil, sebagai Perguruan Tinggi minimal kita mulai dari situ. Wajib diperhatikan kebersihan dan dijaga keindahannya, dengan kepedulian kita terhadap alam itu niscaya Tuhan akan membalas dengan kebaikan yang lain.” Tuturnya.

Tak hanya itu beliau juga menceritakan bahwa Raja Ampat menjadi tempat atau destinasi yang memotivasi dan menginspirasinya untuk menjaga alam dan memberikan proteksi terhadap alam yang seharusnya dijaga.

“Bapak/Ibu saya terinspirasi dengan beberapa kejadian di Raja Ampat ternyata banyak sekali keindahan laut dan proteksinya terhadap satwa laut yang cukup ketat. Hal ini sangat baik dan patut dicontoh. Hal-hal seperti ini yang patut kita contoh danb diterapkan ditempat kita, denga napa? Dengan cara menjaga keindahan alam, menjaga keasriannya dan melertarikannya tetap hijau.” Tambahnya.

Beliau juga menghaturkan terima kasih kepada pihak pengelola UI GreenMetric karena telah mengajak Universitas Pendidikan Muhammadiyah (UNIMUDA) Sorong dan melalui program tersebut memotivasi UNIMUDA untuk terus menjadi lebih baik dari hari ke hari.

“Saya haturkan banyak terima kasih kepada pengelola GreenMetric ini telah mengajak kami untuk mengikuti program ini sejak 2021, dan alhamdulillah kami sudah memulainya. Dengan mengikuti program ini, ada standar-standar pengelolaan yang sebelumnya tidak terbayangkan. Ada standar pengelolaan dan perangkingan yang terukur dan memotivasi kami untuk menjadi lebih baik dari hari ke hari.” Sambungnya.

Selanjutnya Sambutan yang disampaikan oleh Ketua UI GreenMetric World University Rangkings, Prof. Riri Fitri Sari, M.Sc., M.M., pada sambutannya beliau menyampaikan rasa terima kasihnya kepada seluruh Perguruan Tinggi se-Indonesia Timur telah memberikan perubahan yang dinamis. Beliau juga menyampaikan bahwa pada tahun 2045 mendatang, Indonesia akan memduduki peringkat ke-6 sebagai Negara terbesar ekonominya di dunia.

“Saya banyak sekali belajar dari local wisdom yang telah diceritakan oleh Rektor UNIMUDA Sorong, terima kasih telah berbagi pak. Kami ucapkan terima kasih kepada seluruh Rektor dan Wakil Rektor serta PIC yang telah memberikan perubahan yang dinamis di masing-masing Pergururan Tingginya. Kita bisa melihat juga bahwa local-local wisdom yang ad aitu adalah best practice yang bisa kita ikuti bersama dimanapun kita betrada sekarang kitab isa belajart dan memastikan bahwa sekarang anak-anak kita juga bisa melakukan dan mengetahui serta menjalankan konsep-konsep itu sehingga benar bahwa di tahun 2045 Indonesia akan memduduki peringkat ke-6 sebagai negara terbesar ekonominya di dunia.” Ungkapnya.

Kemudian sambutan dilanjutkan oleh Heru Sukoco, M.Pd., yang pada kesempatan tersebut mewakili Kepala LLDIKTI XIV Wilayah Papua dan Papua Barat. Beliau menyampaikan permohonan maaf dari Kepada LLDIKTI XIV yang berhalangan hadir. Beliau juga pada berkesempatan untuk membuka kegiatan tersebut.

“UI GreenMetric World University Rangkings yang merupakan inisiatif yang diluncurkan oleh Universitas Indonesia pada tahun 2010 sebagai bagian dari strategi untuk meningkatkan posisi internasional. Saat ini baru ada satu PT yang mendaftarkan pemeringkatan UI GreenMetric ini yaitu UNIMUDA Sorong. Dengan adanya pertemuan hari ini kami berharap Bapak/Ibu pimpinan PT di lingkup LLDIKTI XIV Wilayah Papua dan Papua Barat segera bisa mengikuti jeak UNIMUDA Sorong dan kami berharap pak Rektor UNIMUDA Sorong juga mohon menularkan dan sharing kepada PT yang lain. Kami berharap bapak/ibu sekalian dapat mengikujti kegiatan ini secara maksimal hingga akhir.” Tuturnya.

Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan penyampaian materi yang telah dibagi menjadi tiga sesi dengan tema yang berbeda-beda diantaranya adalah:

Sesi 1 – UI GreenMetric oleh Staf Ahli UI GreenMetric (Prof. Dr. Ir. Tommy Ilyas, M.Eng.)Sesi 2 – Pengelolaan Penataan dan Infrastruktur, Energi dan Perubahan Iklim, Limbah:Rektor Universitas Pendidikan Muhammadiyah (UNIMUDA) Sorong (Dr. Rustamadji, M.Si.Rektor Universitas Sam Ratulangi (Prof. Dr. Ir. Ellen Joan Kumaat, M.Sc., DEA.Sekretaris LPPM Institut Teknologi Sumatra (Dr. Raden Putra, S.T.)Sesi 3 – Pengelolaan Air, Transportasi, Pendidikan dan Penelitian:Rektor Universitas Teuku Umar (Dr. Ishak Hasan, M.Si.)Rektor Universitas Bosowa (Prof. Dr. Ir. Batara Surya, S.T., M.Si.)Wakil Rektor Bidang Akademik Universitas Pattimura (Prof. Dr. F. Leiwakabessy, M.Pd.)

Adanya perankingan ini diharapkan dapat membuat Universitas di seluruh dunia menjadi perguruan tinggi yang berkelanjutan dengan pendidikan berwawasan global dan memiliki solusi atas tantangan keberlanjutan. (kdx)

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image