Senin 03 Oct 2022 09:31 WIB

Jokowi: Sebentar Lagi, Pandemi akan Dinyatakan Berakhir

Jokowi mengingatkan pemulihan ekonomi pascapandemi masih belum kembali normal. 

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Ratna Puspita
Presiden Joko Widodo.
Foto: ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A
Presiden Joko Widodo.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut, pemerintah segera menyatakan pandemi Covid-19 sudah berakhir. Sebab, jumlah kasus terkonfirmasi saat inipun juga sudah mulai mereda.

Jumlah kasus positif Covid-19 di Indonesia saat ini semakin menunjukan penurunan. Per Ahad (2/10/2022), jumlah kasus tercatat bertambah 1.322. Secara nasional, jumlah kasus aktif turun sebanyak 263 kasus menjadi 17.434 kasus aktif.

Baca Juga

“Pandemi memang sudah mulai mereda. Mungkin sebentar lagi juga akan kami nyatakan pandemi sudah berakhir,” kata Jokowi saat peluncuran gerakan kemitraan inklusif untuk UMKM naik kelas di gedung SMESCO, Jakarta, Senin (3/10/2022).

Kendati demikian, Jokowi mengingatkan pemulihan ekonomi pascapandemi masih belum kembali normal. Justru, kondisi perekonomian global semakin tidak baik. 

Selain karena pandemi, kondisi ini juga disebabkan perang di Ukraina yang belum akan berakhir dalam waktu dekat. Jokowi mengatakan, berbagai krisis pun menjadi tantangan semua negara saat ini, seperti krisis energi, krisis pangan, dan krisis finansial. 

Namun, ia bersyukur, perekonomian di Indonesia masih bisa tumbuh baik, yakni 5,44 persen di kuartal kedua 2022. Jokowi juga meyakini pada kuartal ketiga nanti perekonomian akan tumbuh di atas 5,44 persen.

“Kuncinya, kita semua harus kompak. Kita semuanya harus bersinergi, kita semuanya harus memiliki perasaan yang sama. Karena yang kita hadapi adalah sebuah tantangan yang tidak mudah. Kompak,” ujar dia.

Piala Dunia U-17 Indonesia mulai berlangsung sejak 10 November hingga 2 Desember 2023. Segera beli dan dapatkan tiket resmi pertandingan Piala Dunia U-17 di Jakarta, Bandung, Solo, dan Surabaya
di laman https://www.tickets-u17worldcup.com/matches

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement