Senin 03 Oct 2022 09:51 WIB

Belitung Triathlon Challenge 2022: Bangkitkan Aktivitas Olahraga Wisata Pantai di Pulau Laskar Pel

Belitung Triathlon Challenge 2022 adalah bagian dari program pariwisata dengan kemasan olahraga yang bisa meningkatkan Produk Domestik Bruto (PDB).

Rep: IRWAN KELANA/ Red: Partner
.
Foto: network /IRWAN KELANA
.

Suasana pelaksanaan Belitung Triathlon Challenge 2022, Ahad (1/10/2022). (Foto: Teratas.id)
Suasana pelaksanaan Belitung Triathlon Challenge 2022, Ahad (1/10/2022). (Foto: Teratas.id)

DESTINASI -- Karena pandemi terus mereda, pemerintah melalui pernyataan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhur Binsar Pandjaitan menyatakan pemerintah mengizinkan kegiatan atau event olahraga di seluruh Indonesia sejak Maret 2022, dengan syarat tetap memenuhi protokol kesehatan

Atas dasar itulah, Belitung terus bangkit dalam mempromosikan pariwisata dengan konsep olahraga pantai. Pemerintah Kabupaten Belitung bekerja sama dengan Federasi Triathlon Indonesia (FTI) serta Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) untuk menggelar lomba Triathlon pada tahun ini.

Perhelatan event olahraga tingkat nasional itu bertajuk “Belitung Triathlon Challenge 2022”, di kawasan wisata, Pantai Tanjung Tinggi, Kabupaten Belitung pada 1 Oktober 2022.

Ketua Umum Federasi Triathlon Indonesia (FTI) Mayjen TNI (Purn) Joko Warsito menyambut baik kegiatan<a href= sport tourism khas Belitung, Belitung Triathlon Challenge 2022. (Foto: Teratas.id)" />
Ketua Umum Federasi Triathlon Indonesia (FTI) Mayjen TNI (Purn) Joko Warsito menyambut baik kegiatan sport tourism khas Belitung, Belitung Triathlon Challenge 2022. (Foto: Teratas.id)

Terkait pelaksaanaan Belitung Triathlon Challenge 2022, Mayjen TNI (Purn) Joko Warsito, selaku Ketua Umum PP FTI menyambut baik kegiatan sport tourism khas Belitung ini.

Joko Warsito menginginkan, selain menjadi salah satu event rutin tingkat nasional, Belitung Triathlon Challenge 2022 akan jadi satu tren dalam penggerak sektor pariwisata di Indonesia berkat keindahan alam dan budaya Belitung.

Lokasinya terbaik dan bagus untuk kegiatan sepeda dan run. Lautnya juga pada bulan tertentu ombaknya lebih tenang, juga tidak begitu dalam serta jauh dari pemukiman,” kata Joko Warsito saat ditemui awak media di Pantai Tanjung Tinggi, Belitung (1/10/2022).

Joko Warsito menilai, lokasi triathlon di Kabupaten Belitung -- yang dikenal luas sebagai Pulau Laskar Pelangi -- sudah memenuhi syarat. Kondisi jalan aspalnya sudah bagus, air laut jernih serta terdapat beberapa lokasi dengan pemandangan yang indah. Jadi, pulau ini sangat cocok olahraga renang, bersepeda dan lari.

Menurut dia, pasca pandemi mereda, aktivitas outdoor ini mulai berkembang, bahkan jadi satu tren dalam penggerak sektor pariwisata di Indonesia.

Joko Warsito menilai, pandemi Covid-19 sangat memengaruhi perilaku wisatawan saat merencanakan perjalanan wisata. Banyak orang yang menunda atau membatalkan perjalanannya sehingga membuat industri pariwisata Indonesia terpuruk.

“Nah, saat ini Indonesia sudah membaik, pariwisata sudah dibuka kembali dengan prokes yang ketat. Jadi, saya sangat optimistis, sport tourism di Belitung akan terus terselanggara setiap tahun,” jelas Joko Warsito.

Senada dengan Joko Warsito, Ketua Pelaksana Belitung Triathlon Challenge 2022, Ir Amin Nurrachman menyebutkan, event olahraga ini akan memberikan gairah baru bagi dunia pariwisata dan olahraga, khususnya di Belitung dan umumnya di Indonesia.

Menurutnya, Belitung Triathlon Challenge 2022 adalah bagian dari program pariwisata dengan kemasan olahraga yang bisa meningkatkan produk domestik bruto.

“Pandemi mengajarkan kita untuk menemukan semangat baru, memulihkan kembali kekuatan keunikan perekonomian masing-masing wilayah yang tersebar di Nusantara. Recover Together, Recover Stronger—Pulih Bersama, Pulih Kekuatannya bersama kembali membangun Nusantara demi Indonesia Maju”, jelas Ir. Amin Nurrachman dalam siaran persnya (1/10/2022).

Husni Kamil dari Teratas.id, selaku Race Director Race Director Belitung Triathlon Challenge 2022.
Husni Kamil dari Teratas.id, selaku Race Director Race Director Belitung Triathlon Challenge 2022.

Sementara itu, Husni Kamil dari Teratas.id, selaku Race Director Race Director Belitung Triathlon Challenge 2022 menyebutkan, pada event olahraga ini, para peserta berlomba dalam dua kategori, yakni Standard Distance dan Sprint Distance.

Menurut Husni Kamil, sambil berlomba, peserta bisa menikmati panorama alam khas Belitung dengan panorama pantai yang bersih dan indah, terutama di kawasan pantai Tanjung Tinggi.

“Kami menyiapkan event ini secara matang, baik teknis maupun non teknis. Ini penting bagi para peserta agar dalam perlombaan mereka merasa aman dan nyaman baik di renang, sepeda, maupun lari.

Belitung Triathlon Challenge 2022 didukung oleh Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, PT Timah TBK, IHGMA, dan Yayasan Genus Mandiri.

Masyarakat Belitung sangat antusias menyaksikan Belitung Triathlon Challenge 2022. Mereka berharap perhelatan olahraga pantai ini mampu menggerakkan perekonomian di Belitung, khususnya di sektor pariwisata.

Demikian juga pencinta olahraga triathlon berharap Belitung Triathlon Challenge kembali digelar pada tahun mendatang agar pariwisata di Belitung kian berkembang melalui cara yang berbeda.

INFO SINGKAT

Lomba: Belitung Triathlon Challenge 2022

Lokasi: Pantai Tanjung Tinggi, Kabupaten Belitung

Hari & Tanggal: Ahad, 1 Oktober 2022

Kategori: Standard Distance dan Sprint Distance

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement