Senin 03 Oct 2022 21:05 WIB

Pemkab Serang-Angkasa Pura II Kampanyekan Batik di Bandara Soetta

Ada 3 tempat di Terminal 2 Bandara Soetta yang dipakai untuk memamerkan produk batik

Red: Gita Amanda
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang dan Angkasa Pura II memperingati Hari Batik Nasional secara bersama-sama.
Foto: Pemkab Serang
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang dan Angkasa Pura II memperingati Hari Batik Nasional secara bersama-sama.

REPUBLIKA.CO.ID, SERANG -- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang dan Angkasa Pura II memperingati Hari Batik Nasional secara bersama-sama. Kegiatan yang dilakukan dengan memamerkan batik khas Kabupaten Serang dan menyajikan tempat membatik bagi para pengunjung di Terminal 2 Bandara Soekarno-Hatta (Soetta), Senin (3/10/2022).

Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah menghadiri langsung kegiatan tersebut. Ada tiga tempat di Terminal 2 Bandara Soetta yang dipakai untuk memamerkan berbagai produk batik khas Kabupaten Serang, termasuk yang dibuat melalui metode ecoprint. Metode batik yang menggunakan pewarna alami dari tanin atau zat warna daun.

Baca Juga

“Alhamdulillah, kegiatan ini merupakan wujud kebanggaan kita terhadap batik Indonesia. Sekaligus sebagai upaya untuk melestarikan dan terus berinovasi mengembangkan berbagai motif batik, terutama batik khas Kabupaten Serang,” ujar kata Tatu kepada wartawan, dalam siaran persnya.

photo
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang dan Angkasa Pura II memperingati Hari Batik Nasional secara bersama-sama. - (Pemkab Serang)

Sekadar diketahui, Bupati Serang telah  menggagas batik khas Kabupaten Serang. Tercipta 12 batik khas yang bekerja sama dengan Rumah Batik Komar. Yakni motif Bendungan Pamarayan, Gandaria/Jatake, Gerabah Bumi Jaya, Karangbolong, Mercusuar Cikoneng, Burung Paok Pancawarna dan Jamblang, Pencak Silat dan Golok, Motif Pulau Sangiang, Rawa Danau dan Elang Jawa, Buah Jamblang, Pulau Tunda, serta Pencak Silat Ornamen Gerabah.

“Melalui kegiatan ini, menjadi ajang untuk mengenalkan 12 motif batik khas Kabupaten Serang. Agar lebih dikenal masyarakat luas dan menjadi kebanggaan masyarakat Kabupaten Serang. Kami sampaikan terima kasih dan apresiasi terhadap Angkasa Pura II yang memberikan kesempatan kepada kami,” ujarnya.

Kerja sama antara Pemkab Serang dengan Bandar Soetta akan lebih luas lagi, dalam rangka mendukung ekonomi masyarakat Kabupaten Serang. Akan disediakan spot atau display di beberapa tempat di Bandara Soetta. Dimanfaatkan untuk memamerkan sejumlah produk UMKM serta kampanye pariwisata Kabupaten Serang.

”Pihak Angkasa Pura II mempersilakan Pemerintah Kabupaten Serang untuk mempromosikan wisata di Bandara Soekarno-Hatta. Ini kesempatan kita untuk memulihkan ekonomi pasca Covid-19. Kita gerakkan lagi ekonomi UMKM. Kita ajak lagi wisatawan daerah dan mancanegara untuk berkunjung ke Kabupaten Serang,” ujarnya.

Pihak PT Angkasa Pura II  melalui Senior Manager of Terminal Service & Facility Terminal 2 Heru Karyadi mengatakan mendukung penuh program Pemkab Serang dalam upaya peningkatan ekonomi masyarakat melalui sektor UMKM dan pariwisata. "Promosi dua sektor tersebut bisa disajikan di beberapa lokasi Terminal 2 Bandara Soetta," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement