Selasa 04 Oct 2022 17:16 WIB

Biznet Gio Gandeng Lyrid Luncurkan Layanan Otomatisasi Microservice

Biznet Gio Gandeng Lyrid genjot percepatan ekosistem cloud

Red: Christiyaningsih
(kiri-kanan) VP Operations & Services Biznet Gio Yusuf Hadiwinata Sutandar, CEO Biznet Gio Dondy Bappedyanto, CEO Lyrid Inc. Handoyo Sutanto, dan Direktur Lyrid Caca Cahyadi. Kerja sama ini akan menghasilkan layanan infrastruktur cepat penyokong metode agile development.
Foto: Biznet
(kiri-kanan) VP Operations & Services Biznet Gio Yusuf Hadiwinata Sutandar, CEO Biznet Gio Dondy Bappedyanto, CEO Lyrid Inc. Handoyo Sutanto, dan Direktur Lyrid Caca Cahyadi. Kerja sama ini akan menghasilkan layanan infrastruktur cepat penyokong metode agile development.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - PT Biznet Gio Nusantara (Biznet Gio), penyedia layanan komputasi awan (cloud computing) di Indonesia, mengumumkan kerja sama strategis dengan Lyrid Inc, penyedia teknologi pengelolaan cloud dengan meluncurkan solusi otomatisasi microservice. Microservice merupakan pendekatan pengembangan aplikasi berbasis container yang saat ini banyak digunakan industri untuk percepatan pengembangan aplikasi dan sistem digital.

Peluncuran layanan otomatisasi microservice hasil kolaborasi Biznet Gio dengan Lyrid akan menyasar industri yang kini gencar mengadopsi metode pengembangan aplikasi gesit (agile development). Solusi ini mengedepankan managed Kubernetes yang mudah digunakan dan cukup dikenal sebagai platform open source untuk mengelola sistem pengembangan aplikasi berbasis container.

Baca Juga

Berbagai keunggulan yang ditawarkan pada peluncuran layanan kali ini, antara lain (1) kemudahan menjalankan Kubernetes dengan instalasi dan konfigurasi secara instan; (2) dukungan infrastruktur cloud berskalabilitas tinggi; (3) ketersediaan sumber daya dan dukungan teknis selama 24 jam; (4) upgrade skillset/kemampuan dan transformasi arsitektur dari monolitik ke microservice; (5) menghadirkan layanan Kubernetes dengan harga terjangkau jika dibandingkan layanan sejenis dari penyedia layanan luar negeri.

CEO Biznet Gio Nusantara Dondy Bappedyanto mengungkapkan pihaknya fokus untuk mempercepat terbentuknya ekosistem komputasi awan dan data center di Indonesia. "Salah satunya guna menghadirkan layanan infrastruktur tepat guna untuk pengembang aplikasi. Melalui kerja sama ini kami ingin mempermudah implementasi infrastruktur microservice untuk industri yang tengah giat mengadopsi pendekatan agile development. Selain dapat mendukung keunggulan bisnis pelanggan, solusi dari kerja sama ekosistem cloud akan memberikan simplifikasi dan adopsi teknologi yang cepat serta ketersediaan infrastruktur yang scalable dan juga aman,” ujarnya.

Dengan menggunakan platform managed Kubernetes dari Lyrid, pelanggan dapat memiliki kontrol penuh atas setiap layer, instalasi, pengaturan, dan pengelolaan cluster Kubernetes melalui satu Antarmuka Pengguna (UI) secara mudah. Bahkan, tanpa perlu mempunyai kemampuan atau pengetahuan teknis tentang Kubernetes.

Platform managed Kubernetes Lyrid menawarkan skalabilitas dan ketersediaan tinggi untuk pengembangan layanan digital. Dengan demikian para pengembang dapat terus menerus menjalankan pembaruan pada aplikasi atau dikenal sebagai konsep CI/CD (continuous integration and continuous delivery) yang dapat meningkatkan keunggulan layanan digital dan bisnis kapan saja.

“Lyrid melihat layanan Kubernetes yang dikelola di Indonesia masih jauh tertinggal. Dengan persaingan dari platform yang lebih besar dari hyperscaler cloud dunia, diperlukan partnership semacam ini untuk menawarkan layanan inovatif kepada pengguna tanpa melepaskan filosofi inti Kubernetes,” ujar CEO Lyrid Inc. Handoyo Sutanto.

Seiring dengan meningkatnya permintaan akan infrastruktur dedicated, Biznet Gio kini fokus untuk melebarkan fitur pendukung ekosistem cloud dengan menawarkan layanan perangkat dedicated atau bare metal server yang dikenal dengan NEO Metal berkolaborasi dengan berbagai platform teknologi transformatif. NEO Metal mengedepankan layanan server dengan performa komputasi terdedikasi siap guna menggunakan spesifikasi hardware terbaru didukung unit komputasi Intel® Xeon® atau AMD EPYC™.

Di tengah ramainya layanan komputasi awan dengan berbagai penawaran mesin virtual atau virtual server, kolaborasi Lyrid dan Biznet Gio spesifik mengusung keunggulan platform Kubernetes di atas infrastruktur Bare Metal Server. Keunggulan kolaborasi layanan ini akan menyajikan kinerja komputasi yang tinggi serta terdedikasi didukung kesiapan arsitektur microservice untuk memudahkan pengembang aplikasi untuk segera mengoperasikan platform Kubernetes.

Terkait solusi kolaborasi penunjang ekosistem cloud ini Dondy menambahkan teknologi transformatif yang hadir bersama layanan bare metal as a service atau NEO Metal merupakan terobosan untuk memfasilitasi pelanggan. "Bukan hanya bisa langsung menggunakan perangkat dengan spesifikasi terbaru tetapi juga mendapatkan upgrade teknologi secara cepat dengan biaya terjangkau dimana data tetap aman dan tersimpan di dalam wilayah Indonesia,” jelasnya.

Piala Dunia U-17 Indonesia mulai berlangsung sejak 10 November hingga 2 Desember 2023. Segera beli dan dapatkan tiket resmi pertandingan Piala Dunia U-17 di Jakarta, Bandung, Solo, dan Surabaya
di laman https://www.tickets-u17worldcup.com/matches

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement