Selasa 04 Oct 2022 22:54 WIB

Hujan Deras, Sejumlah Jalan Protokol Kota Palembang Banjir

Hujan deras mengakibatkan banjir hingga kedalaman 30 sentimeter di Kota Palembang.

Red: Nora Azizah
Hujan deras mengakibatkan banjir hingga kedalaman 30 sentimeter di Kota Palembang.
Foto: Republika/Thoudy Badai
Hujan deras mengakibatkan banjir hingga kedalaman 30 sentimeter di Kota Palembang.

REPUBLIKA.CO.ID, PALEMBANG -- Sejumlah ruas jalan protokol dan beberapa kawasan permukiman penduduk di Kota Palembang, Sumatera Selatan, kembali banjir atau tergenang air hujan hingga 30 sentimeter lebih akibat hujan lebat yang berlangsung beberapa jam pada Selasa (4/10/2022) sore, hingga malam hari. Hujan lebat di Kota Palembang yang berlangsung cukup lama itu mengakibatkan drainase, kolam retensi, dan anak Sungai Musi meluap dan menggenangi beberapa lokasi permukiman penduduk serta ruas jalan protokol.

Kawasan pemukiman penduduk yang tergenang, di antaranya kawasan Sekip Bendung, Demang Lebar Daun, Dwikora, kawasan Jalan Simanjuntak dan Rawa Sari belakang kampus lama UIN Raden Fattah Palembang. Kemudian beberapa ruas jalan protokol, seperti di kawasan Soekarno Hatta, Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II KM 11, JalanJepang Kecamatan Alang-Alang Lebar, Kolonel Barlian, Basuki Rahmad, R Sukamto, Demang Lebar Daun, dan Jalan Mayor Ruslan.

Baca Juga

Banjir yang menggenangi beberapa kawasan permukiman, dan sejumlah ruas jalan protokol tersebut mengakibatkan arus lalu lintas mengalami kemacetan panjang, dan tidak sedikit kendaraan roda dua dan empat mogok, karena mesin kemasukan air. Ida, salah seorang warga kawasan permukiman Dwikora, mengatakan, hujan yang turun cukup deras dan lama pada awal pekan Oktober 2022 menggenangi akses jalan menuju ke tempat tinggalnya dan rumahnya.

Genangan air hujan tersebut biasa terjadi, namun baru kali ini masuk ke dalam rumah. Melihat kondisi ini, dia berharap kepada Wali Kota Palembang Harnojoyo melakukan program pengendalian banjir yang lebih baik, sehingga pada saat hujan lebat turun tidak menimbulkan genangan air di mana-mana.

Sebelumnya Wali Kota Palembang Harnojoyo mengatakan, berdasarkan informasi dari BMKG, intensitas curah hujan pada beberapa bulan ke depan cukup tinggi. Untuk mengantisipasi terjadinya genangan air hujan di sejumlah kawasan pemukiman penduduk dan jalan protokol yang tergolong rawan banjir, pihaknya berupaya memperbaiki saluran air, melakukan pengerukan sungai, dan gencar melakukan kegiatan gotong royong pembersihan lingkungan dari sampah dan tanaman liar.

"Untuk mengantisipasi banjir akibat hujan, pihaknya menyiagakan tim yang sewaktu-waktu mengatasi genangan air di sejumlah daerah rawan banjir," ujar Wali Kota Harnojoyo.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement