Rabu 05 Oct 2022 11:41 WIB

BPBD DKI Salurkan Bantuan Bagi Pengungsi yang Terdampak Banjir

Hingga Rabu pagi, delapan RT dari total 30.470 RT di Jakarta masih terendam banjir.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Pedagang mendorong gerobaknya saat menerobos banjir di Jalan Kemang Raya, Jakarta Selatan, Selasa (5/10/2022) malam WIB.
Foto: Republika/Thoudy Badai
Pedagang mendorong gerobaknya saat menerobos banjir di Jalan Kemang Raya, Jakarta Selatan, Selasa (5/10/2022) malam WIB.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta menyalurkan bantuan logistik kepada para pengungsi yang terdampak banjir untuk memenuhi kebutuhan selama menempati lokasi penampungan sementara. Adapun titik banjir terjadi akibat luapan sungai akibat intensitas hujan tinggi.

"Kami mendistribusikan bantuan logistik untuk pengungsi banjir di beberapa titik," kata Satuan Pelaksana Pengolahan Data dan Informasi BPBD DKI Michael O Sitanggang di Jakarta, Rabu (5/10/2022).

Adapun bantuan tersebar di Kelurahan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, seperti air mineral sebanyak empat dus, biskuit (tiga dus), selimut (23), daan kebutuhan pakaian anak-anak (lima paket). Kemudian Kelurahan Kuningan Barat, Jakarta Selatan berupa air mineral (10 dus), biskuit (lima dus), matras (20 lembar), selimut (20 lembar), dan pakaian anak-anak sebanyak 20 paket.

Bantuan logistik tersebut diharapkan melengkapi kebutuhan sementara selama mereka di tempat pengungsian. Petugas BPBD DKI memberikan logistik secara bertahap sembari melakukan upaya agar genangan air semakin surut.

Hingga pukul 06.00 WIB, Rabu ini, BPBD DKI mencatat sebanyak 361 jiwa pengungsi di tiga lokasi Jakarta Selatan dan satu di Jakarta Timur akibat banjir pada Selasa kemarin. BPBD DKI merinci pengungsi Jakarta Selatan berada pada tiga lokasi, yaitu Kelurahan Mampang Prapatan sebanyak 20 kepala keluarga (KK) atau 79 jiwa di Masjid Al Falah.

Kemudian, Kelurahan Kuningan Barat sebanyak 43 KK)atau 175 jiwa di ruang serbaguna Kelurahan Kuningan Barat dan Kelurahan Pejaten Barat sebanyak 18 KK atau 78 jiwa di Musholla Al Inayah dan rumah warga RW 08. Sedangkan di Jakarta Timur di Kelurahan Makasar sebanyak enam KK atau 29 jiwa di Masjid Al Bahri.

Pada Selasa (4/10/2022) sore hingg malam WIB, hujan deras mengguyur Jakarta mengakibatkan genangan dan banjir di 81 rukun tetangga (RT) dari 30.470 RT di Jakarta. Adapun wilayah yang terdampak banjir hingga ketinggian satu meter, di antaranya  Kelurahan Cipete Utara di wilayah yang berbatasan dengan Kali Krukut.

Selain itu, Kelurahan Pela Mampang di wilayah yang berbatasan dengan Kali Krukut dan Kali Mampang. Sementara itu, BPBD DKI mencatat hingga pukul 06.00 WIB pada Rabu pagi WIB, dari 81 RT, saat ini menyisakan sembilan RT terdampak banjir.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement