Rabu 05 Oct 2022 12:26 WIB

Anies Sebut Sumur Resapan Atasi Banjir di Lokasi Cekungan

Lokasi yang berbentuk cekungan di Jakarta membuat air mudah mengalir.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Warga berjalan menerobos banjir di Jalan Kemang Raya, Jakarta Selatan, Selasa (5/10/2022) malam WIB.
Foto: Republika/Thoudy Badai
Warga berjalan menerobos banjir di Jalan Kemang Raya, Jakarta Selatan, Selasa (5/10/2022) malam WIB.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan menyebutkan menjelaskan, sumur resapan merupakan salah satu upaya mengatasi banjir di beberapa lokasi cekungan yang ada di Jakarta. Menurut Anies, lokasi yang berbentuk cekungan membuat air mudah mengalir.

Sehingga saat hujan lebat datang membentuk genangan yang mengakibatkan banjir. "Karena tempat-tempat yang cekungan seperti inilah yang paling potensi. Di situlah yang harus dipompa dan menjadi jawaban mengapa sumur resapan itu penting," kata Anies di Jakarta Recycle Center (JRC) Pesanggrahan, Jakarta Selatan, Rabu (5/10/2022).

Adapun Jakarta sempat dilanda hujan deras pada Selasa (4/10/2022) malam WIB, yang membuat Anies mendatangi kawasan Kuningan, Jakarta Selatan. Dia mengirimkan sejumlah alat, seperti truk pemadam kebakaran sampai mobil pompa untuk mengamankan warga yang terdampak banjir.

Hingga kini, Anies menuturkan, banjir yang menggenang di rumah warga sudah berkurang dengan bantuan tim dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Dia bersyukur dengan adanya sumur resapan yang sudah dibangun baik mampu menjadi salah satu solusi mengurangi potensi banjir di kawasan tersebut.

Terbukti di daerah yang sudah terdapat sumur resapan, walaupun lokasi cekung menjadi genangan air yang tinggi, namun kecepatan air surut sangat tinggi pula. "Kami berharap kedewasaan kita semua untuk melihat ini sebagai sebuah masalah yang diselesaikan secara scientific. Bukan semata-mata secara politik," tutur eks rektor Universitas Paramadina itu.

Sebelumnya, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) mencatat sebanyak 16 RT dan tujuh ruas jalan di Jakarta tergenang pada Selasa kemarin, imbas dari hujan yang mengguyur Jakarta pada siang hari dan menyebabkan beberapa sungai seperti Kali Krukut dan Mampang meluap.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement