Lestarikan Ekosistem Mangrove, Mahasiswa UMP Tanam Bibit di Pantai Baros

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Yusuf Assidiq

Mahasiswa Pendidikan Geografi Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) Banyumas, Jawa Tengah menanam bibit mangrove di pantai Baros, Kabupaten Bantul, Rabu (5/10/22).
Mahasiswa Pendidikan Geografi Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) Banyumas, Jawa Tengah menanam bibit mangrove di pantai Baros, Kabupaten Bantul, Rabu (5/10/22). | Foto: dok. UMP

REPUBLIKA.CO.ID, PURWOKERTO -- Mahasiswa Pendidikan Geografi Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) Banyumas, Jawa Tengah, menanam bibit mangrove di Pantai Baros, Kabupaten Bantul. Penanaman ini upaya kepedulian mahasiswa itu mencegah abrasi di kawasan tersebut, juga merayakan Imahagi Days (I-Days) atau Hari Jadi Ikatan Mahasiswa Geografi Indonesia (IMAHAGI).

Dalam kegiatan itu, mahasiswa Pendidikan Geografi UMP bersama 85 mahasiswa geografi se-Jateng dan DIY tergabung dalam IMAHAGI Region III atau lingkup Jateng dan DIY. Ketua Komisariat Pendidikan Geografi UMP Rafi Adrian mengungkapkan aksi itu selain untuk pencegahan abrasi juga bentuk menjaga tali silahturahim antar mahasiswa geografi se-Jateng dan DIY.

“Aksi ini ada 10 mahasiswa Pendidikan Geografi UMP mengikuti proses penanaman mangrove yang dilaksanakan di Pantai Baros dan diikuti 10 komisariat IMAHAGI Region III dari sektor Yogyakarta, Semarang, Surakarta, dan Purwokerto,” ujar Rafi, Rabu (5/10/2022).

Lebih lanjut ia mengatakan, Pendidikan Geografi UMP telah tergabung kepengurusan IMAHAGI Region 3. Dengan mengikuti kegiatan I-Days selama dua hari yang dilaksanakan di Geomaritime Sience Park Parangtritis memberikan kesan dan pengalaman yang menyenangkan serta menumbuhkan kepekaan terhadap lingkungan sekitar khususnya lingkungan pesisir.

Sementara itu, Ketua Koordinator Wilayah IMAHAGI Region III, Rizaldy Hilmy Sagito mengatakan, I-Days merupakan acara tahunan yang rutin dilaksanakan di mana dalam kegiatannya dapat memberikan warna baru serta wadah bagi masyarakat sekitar terutama mahasiswa geografi Indonesia.

“I-Days ini memperingati Hari Jadi IMAHAGI ke-35 tahun. Harapannya I-Days akan selalu memiliki ciri dan warna baru di setiap kegiatannya. Tahun ini mahasiswa geografi berpartisipasi dalam masalah di lingkungan pesisir Jawa dengan melakukan konservasi penanaman mangrove di Pantai Baros,” katanya.

Dijelaskan, I-Days yang bertajuk 'Bakti Geografi Bangun Bumi Pertiwi' dapat menjadikan sarana penyambung silahturahim serta menguatkan intelektual mahasiswa geografi dalam berbagai masalah lingkungan serta membawa kontribusi bagi masyarakat.

Terkait


Keren, Mahasiswa Geografi UMP Juara Desain Peta Internasional

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

[email protected]

Ikuti

× Image
Light Dark