Rabu 05 Oct 2022 14:10 WIB

Garuda Indonesia Kembali Buka Rute Makassar-Denpasar

Rute penerbangan Makassar-Denpasar tersebut akan dilayani tiga kali per pekan.

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Nidia Zuraya
Garuda Indonesia (Ilustrasi)
Garuda Indonesia (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Maskapai penerbangan nasional Garuda Indonesia mulai Jumat (7/10/2022) kembali melayani penerbangan Makassar-Denpasar pergi pulang (pp). Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra mengatakan rute tersebut kembali dibuka untuk memenuhi kebutuhan masyarakat terhadap aksesibilitas transportasi udara yang menghubungkan dua hub penerbangan terbesar di wilayah Indonesia Timur dan Indonesia Tengah.

“Dibukanya rute penerbangan Makassar-Denpasar ini juga kami harapkan dapat turut memaksimalkan momentum pemulihan sektor pariwisata dengan menghubungkan dua destinasi wisata unggulan nasional yakni Makassar dan Denpasar melalui layanan penerbangan langsung,” kata Irfan dalam pernyataan tertulisnya, Rabu (5/10/2022).

Baca Juga

Dia menjelaskan rute penerbangan Makassar-Denpasar tersebut nantinya akan dilayani tiga kali per pekan yaitu Rabu, Jumat, dan Ahad menggunakan armada B737-800 NG. Penerbangan dari Makassar akan dilayani dengan penerbangan GA-621 yang akan diberangkatkan dari Bandara Internasional Sultan Hasanuddin pada pukul 18.30 WITA dan dijadwalkan tiba di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Denpasar pada pukul 20.05 WITA.

Sedangkan penerbangan dari Denpasar akan dilayani dengan nomor penerbangan GA-620 yang diberangkatkan dari Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai pada pukul 20.50 WITA untuk selanjutnya mendarat di Makassar pada pukul 22.15 WITA.

Irfan menambHkan pengoperasian kembali rute penerbangan Makassar-Denpasar tersebut merupakan bagian dari langkah pengembangan jaringan penerbangan Garuda Indonesia melalui optimalisasi peluang pangsa pasar domestik. Khususnya rute antar hub sehingga dapat menghadirkan pilihan jadwal penerbangan menuju destinasi lanjutan yang lebih seamless dan beragam.

Ke depannya, Irfan memastikan layanan penerbangan Makassar-Denpasar juga akan memfasilitasi pengangkutan komoditas kargo dari Makassar yang terdiri dari general cargo serta marine products seperti tuna, kepiting hidup, dan lobster. Komoditas tersebut akan dikirimkan langsung menuju Jepang melalui pengembangan jaringan rute penerbangan internasional dari Denpasar. 

Irfan menuturkan layanan operasional penerbangan tersebut juga merupakan salah satu upaya Garuda Indonesia dalam mendukung program G20 yang akan diselenggarakan di Denpasar pada November mendatang. “Ini melalui ketersediaan konektivitas dan aksesibilitas yang aman dan nyaman bagi para pemangku kepentingan yang akan menghadiri kegiatan tersebut,” ucap Irfan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement