Rabu 05 Oct 2022 16:07 WIB

Operasi Zebra di Depok Tindak Puluhan Kendaraan dengan Tilang Elektronik

Operasi Zebra Jaya berlangsung mulai dari 3 Oktober sampai 16 Oktober 2022.

Rep: ruzdy nurdiansyah/ Red: Partner
.
Foto: network /ruzdy nurdiansyah
.

ruzka.republika.co.id--Aparat Satlantas Polres Metro (Polrestro) Depok mencatat ada sekitar puluhan pelanggar pada hari pertama Operasi Zebra Jaya 2022. Operasi Zebra Jaya berlangsung mulai dari 3 Oktober sampai 16 Oktober 2022.

“Operasi pelanggaran yakni gunakan teknologi tilang elektronik atau electronic traffic law enforcement (ETLE). Terjaring puluhan unit kendaraan bermotor yakni 22 unit,” ujar AKBP Jhoni Eka Putra di Mapolrestro Depok, Rabu (05/10/2022).

Menurut Jhoni, pelaksanaan Operasi Zebra Jaya menerapkan ada sebanyak tujuh pelanggaran prioritas menjadi sasaran operasi. Pelanggaran itu adalah pengemudi mempergunakan ponsel saat mengendarai, masih dibawah umur dan berboncengan lebih dari satu, tidak mempergunakan helm, tidak mempergunakan safety belt (sabuk pengaman), pengaruh minuman alkohol dalam mengendarai melawan arus dan melebih batas kecepatan.

"Upaya yang dikedepankan selama Operasi Zebra Jaya yakni preemtiv, preventif, dan represif atau penegakan hukum dalam ETLE. Kami juga ada teguran jika skala pelanggaran tidak terlalu vital,” jelasnya.

Ia menambahkan, untuk titik sasaran, anggotanya menargetkan jalan protokol seperti Jalan Margonda dan Juanda. “Untuk di kawasan Jalan Margonda ada kamera ETLE. Sehari ini petugas ETLE sampai sore ini tercatat sudah ada sekitar 22 pelanggar dan rata-rata pengemudi mempergunakan HP dan tidak memakai safety belt,” ungkap Jhoni.

Ia mengimbau kepada masyarakat khususnya yang berdomisili di Kota Depok untuk lebih mentaati tata tertib lalu lintas di jalan. “Selain penggunaan ETLE dalam pelanggar mobil di Margonda, anggota juga sudah disebar melakukan patroli untuk hunting pelanggar agar dapat segera ditilang,” pungkasnya. (Rusdy Nurdiansyah)

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement