Tonggak Perdamaian Suporter Tiga Klub Mataram

Rep: c02/ Red: Yusuf Assidiq

Reklame bertuliskan
Reklame bertuliskan | Foto: Muhammad Noor Alfian

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Reklame bertuliskan 'Mataram is Love' beserta logo tiga klub sepak bola, Persis Solo, PSIM Yogyakarta, dan PSS Sleman, jadi saksi lahirnya kedamaian antar suporter tiga klub tersebut. Reklame itu terpampang di pintu masuk Gate A Stadion Manahan Solo, Rabu (5/10/2022).

Reklame ini adalah respons setelah aksi solidaritas antara fans Persis Solo, PSIM Yogyakarta, dan PSS Sleman pasca tragedi Kanjuruhan. Sebelumnya, ketiga fans klub tersebut menggelar doa bersama di Stadion Mandala Krida, Yogyakarta, Selasa (4/10/2022) malam.

Pemkot Solo mengakui pihaknya yang menginginkan reklame bertuliskan 'Mataram Is Love' itu dipajang di salah satu pintu Stadion Manahan Solo. Menurutnya hal tersebut sebagai apresiasi dan simbol perdamaian antara para suporter.

"Memang saya suruh memasang, sebagai tindak lanjut, dan simbol perdamaian, kami apresiasi inisiatif dari para suporter luar biasa sekali," kata Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka.

Selain itu, Presiden Pasoepati Maryadi Gondrong mengatakan pihaknya tidak melihat adanya reklame tersebut ketika hendak berangkat ke Yogyakarta. Namun, ia setuju dengan adanya reklame tadi yang menurutnya dipasang oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Solo merespons aksi sebelumnya.

"Kami pada waktu berangkat memang belum ada. Tapi itu menarik, (mungkin) yang masang pemkot, kalau suporter belum," kata Maryadi ketika dihubungi.

Ia menyadari rivalitas dalam sepakbola hanya berlangsung selama pertandingan berlangsung. Oleh karena itu, pihaknya pendukung adanya lingkungan yang damai antara para suporter, khususnya fans Persis Solo, PSS Sleman, dan PSIM Yogyakarta.

Terkait


Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

[email protected]

Ikuti

× Image
Light Dark