Peringati Hari Batik Nasional, The Alana Hotel Solo Ajak Tamu Membatik dan Sediakan Promo

Rep: C02/ Red: Muhammad Fakhruddin

Peringati Hari Batik Nasional, The Alana Hotel Solo Ajak Tamu Membatik dan Sediakan Promo (ilustrasi).
Peringati Hari Batik Nasional, The Alana Hotel Solo Ajak Tamu Membatik dan Sediakan Promo (ilustrasi). | Foto: Dokumen

REPUBLIKA.CO.ID,SOLO -- Menyemarakkan Hari Batik Nasional 2022 The Alana Hotel & Convention Center Solo ikut merayakan dengan kegiatan membatik secara tradisional.

Sistho A. Sreshtho mengatakan bahwa kegiatan membatik dengan istilah nyanthing tersebut dilangsungkan bersama sajian seni tari kreasi Nusantara. Tarian tersebut bertajuk Tari Buto Gedrug dari Langen Beksan Kinasih Erawati.

“Banyak sekali ragam batik menandakan bahwa banyak juga aneka ragam budaya yang kita miliki. Oleh sebab itu, pada kesempatan yang istimewa ini Kami ingin mengajak seluruh tamu untuk dapat melestarikan budaya kita dengan membatik bersama dan menyaksikan Tari Buto Gedrug,” kata Sistho A. SRESHTHO, ST, CHA, General Manager The Alana Hotel & Convention Center Solo, Rabu (5/10/2022). 

Sistho menjelaskan bahwa kegiatan tersebut dilangsungkan bertepatan dengan Car Free Day Colomadu, Ahad (2/10/2022). Meski telah berlalu, namun promo es cream akan berlangsung hingga akhir bulan Oktober bagi tamu yang menggunakan batik.

Baca Juga

"Kegiatan membatik ini kami selenggarakan khusus di hari Ahad kemarin bersamaan dengan CFD Colomadu. Namun untuk promo mendapatkan es krim bagi yang menggunakan batik masih hingga akhir bulan ini," terangnya.

Selanjutnya, Sistho menjelaskan bahwa antusiasme tamu dan masyarakat tinggi menyambut acara tersebut. Pasalnya, ada puluhan peserta dan tamu yang ikut menyemarakan.

"Kemarin lumayan banyak, sekitar 50an tamu yang ikut untuk acara mencanting di dalam lobby hotel kami dan yang mencanting di acara CFD hampir sama juga jumlahnya dari para pengunjung CFD," terangnya.

Sementara itu, Yunita Purwaningtyas selaku Kepala Bagian Marketing Operation PT. Batik Semar menuturkan bahwa kegiatan kemarin dapat berlangsung lancar dan meriah berkat partisipasi tamu dan masyarakat sekitar untuk membatik bersama. Terlihat beberapa orang dengan antusias mengikuti kegiatan membatik di The Alana Hotel & Convention Center Solo dan bertanya lebih lanjut perihal proses membatik tradisional atau nyanthing.

“Tentunya ini menjadi momen istimewa bagi kita masyarakat Indonesia untuk dapat mengenal lebih jauh bahkan langsung terjun dalam proses pembuatan batik dengan nyanting. Kami, dari Batik Semar, tentu berharap bahwa masyarakat dapat terus melestarikan batik sebagai budaya asli Indonesia,” pungkas Yunita.

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Terkait


Gubernur Ajak Industri Batik Manfaatkan Teknologi

Pemkab Serang-Angkasa Pura II Kampanyekan Batik di Bandara Soetta

Memperingati Hari Batik dan Sejarahnya di Tengah Duka

Iriana Jokowi : Kebaya Citra Perempuan Indonesia

Kota Bandung Pamerkan Batik Raksasa Berukuran 450 Meter

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

[email protected]

Ikuti

× Image
Light Dark