Polri Sudah Dalami Rekaman CCTV di Stadion Kanjuruhan

Rep: Wilda Fizriyani/ Red: Muhammad Fakhruddin

Polri Sudah Dalami Rekaman CCTV di Stadion Kanjuruhan (ilustrasi).
Polri Sudah Dalami Rekaman CCTV di Stadion Kanjuruhan (ilustrasi). | Foto: EPA-EFE/MAST IRHAM

REPUBLIKA.CO.ID,MALANG -- Kepada Divisi (Kadiv) Humas Polri, Irjen Pol Dedi Prasetyo mengatakan, seluruh rekaman CCTV di Stadion Kanjuruhan sudah dilakukan analisa dan pendalaman. Rekaman tersebut akan menjadi salah satu alat bukti petunjuk yang menjadi bahan penyidikan maupun analisa tim penyidik.

Pada kesempatan tersebut, Dedi juga menyinggung isu dugaan polisi yang menghalang-halangi para penonton sebagaimana yang beredar di masyarakat. Timnya telah menganalisis hasil rekaman CCTV di pintu 9 sampai 14 Stadion Kanjuruhan. Lokasi ini dipilih lantaran ada banyak korban berjatuhan di area tersebut.

"Itu ada CCTV, anggota Polri justru saat mengevakuasi kepanikan itu terjadi semacam boleh dikatakan dihalang-halangi, dilempar, kemudian terjadi lari. Dan anggota polisi di pintu 13 dan 14 ada yang meninggal dunia," ungkapnya kepada wartawan di Mapolres Malang, Rabu (5/10/2022) malam.

Untuk lebih pastinya, Dedi berjanji akan menyampaikan informasi secara utuh dan komprehensif pada Kamis (6/10/2022). Dengan kata lain, tidak hanya menggunakan satu isu tetapi mengungkapkan bagaimana kondisi stadion. Lalu dibahas terkait bagaimana status FIFA, aturan dan administrasi yang menjadi aturan pertandingan.

Baca Juga

"Jadi itu (aturan pertandingan) sedang dikaji oleh tim. Pada situasi normal harus berbuat apa, apa emergency plan dijalankan, itu didalami," kata dia menambahkan.

Seperti diketahui, tragedi Kanjuruhan telah menyebabkan ratusan orang meninggal dunia. Sebagian besar para korban merupakan Aremania sedangkan dua lainnya anggota kepolisian. Selain itu, ratusan Aremania juga dilaporkan mengalami luka-luka, baik ringan, sedang maupun berat.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Terkait


Polri Bantah Culik Aremania yang Unggah Kondisi Tragedi Kanjuruhan

Beri Perlindungan untuk Anak dengan Area Khusus di Stadion

Polri Dalami Rekaman CCTV Tragedi Kanjuruhan

Jokowi Jenguk Korban Tragedi Kanjuruhan

Bupati Harap Aremania yang Masih di Rumah dan Merasa Sakit Segera Periksakan Diri

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

[email protected]

Ikuti

× Image
Light Dark