Jumat 07 Oct 2022 09:26 WIB

Menko Airlangga Sebut Pengembangan Energi Baru Terbarukan Jadi Prioritas

Pemerintah menargetkan 23 persen dari keseluruhan sumber energi dari renewable energy

Rep: Iit Septyaningsih/ Red: Gita Amanda
Petugas melakukan perawatan panel surya, (ilustrasi). Indonesia telah berperan aktif dalam upaya mitigasi emisi global guna mengantisipasi perubahan iklim dengan mencanangkan target mencapai net zero emission pada 2060 atau lebih cepat.
Foto: ANTARA/Fikri Yusuf
Petugas melakukan perawatan panel surya, (ilustrasi). Indonesia telah berperan aktif dalam upaya mitigasi emisi global guna mengantisipasi perubahan iklim dengan mencanangkan target mencapai net zero emission pada 2060 atau lebih cepat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Indonesia telah berperan aktif dalam upaya mitigasi emisi global guna mengantisipasi perubahan iklim dengan mencanangkan target mencapai net zero emission pada 2060 atau lebih cepat. Komitmen Indonesia tersebut ditunjukkan dengan memberikan perhatian penuh pada pengembangan Energi Baru Terbarukan (EBT) melalui transformasi ekonomi hijau.

Dalam acara launching Kerja Sama Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Kayan Cascade antara PT Kayan Hydro Energy dan Sumitomo Corporation di Jakarta, Kamis (6/10/2022), Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyampaikan, Presiden Joko Widodo memprioritaskan pengembangan transisi energi menggunakan EBT. “Pengembangan PLTA Kayan Cascade yang bisa mengembangkan sampai sekitar 12 GW ini sudah menjadi perhatian Bapak Presiden Joko Widodo, dan ini sudah menjadi bagian dari komitmen Indonesia untuk mencapai net zero emission pada 2060 atau lebih cepat," ujarnya.

Baca Juga

Pemerintah, kata dia, juga menargetkan 23 persen dari keseluruhan sumber energi di Indonesia berasal dari renewable energy pada 2026. Lebih lanjut, Airlangga mengharapkan, kerja sama yang telah terjalin tersebut dapat mulai terlihat kemajuannya pada 2023, sehingga dapat meningkatkan kecepatan upaya transisi energi yang tengah dilakukan Indonesia.

Sebagai informasi, Indonesia merupakan pasar utama Sumitomo Corporation (SC) Group untuk bisnis ketenagalistrikan, dimana PLTA Kayan Cascade sendiri diproyeksikan menjadi PLTA terbesar di Asia Tenggara. Pembangunan PLTA Kayan Cascade membutuhkan investasi sebesar 17,8 miliar dolar AS.

Kapasitas PLTA Kayan Cascade pada tahap pertama direncanakan sebesar 900 Megawatt (MW), tahap kedua 1.200 MW, tahap ketiga dan keempat masing-masing 1.800 MW, dan tahap kelima 3.300 MW. Tahap pertama ditargetkan selesai pada 2026.

Sementara, tahap kedua hingga tahap kelima masing-masing akan memakan waktu 2 hingga 3 tahun dari tahap pertama. “PLTA Kahyan Cascade merupakan integrated power source yang diharapkan dapat melistriki kawasan industri di Tanah Kuning di Kalimantan Utara dan diharapakan ini juga menjadi integrated economic zone,” jelas dia.

Menutup sambutannya, Menko Airlangga menyampaikan, pengembangan energi dan insdustri berbasis hijau terus didorong karena sangat diperlukan sebagai sumber energi di masa mendatang yakni green energy dan juga diperuntukkan bagi berbagai smelter berbasis green power. “Oleh karena itu, saya berharap dengan menggandeng Sumitomo Corporation, maka tentunya bisa juga menggandeng berbagai industri hilir lainnya. Pemerintah juga mengharapkan kerja sama ini dapat direalisasikan. Tidak hanya sebatas penandatanangan memo kerja sama, tetapi juga bisa direalisasikan,” jelas dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement