Jumat 07 Oct 2022 13:18 WIB

Sebanyak 1.104 Mahasiswa Fisip Unpas Ikuti Kegiatan Pengenalan Kampus

Tahun ini PKKMB fakultas diselenggarakan secara hybrid selama dua hari. 

Rep: Arie Lukihardianti / Red: Agus Yulianto
Ribuan mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisip) Unpas mengikuti Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru  (PKKMB).
Foto: Istimewa
Ribuan mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisip) Unpas mengikuti Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru  (PKKMB).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisip) Unpas menggelar Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru  (PKKMB) tingkat fakultas tahun 2022 di Balai Sartika Bikasoga, Kota Bandung, Kamis (6/10). 

Menurut Dekan Fisip Unpas, Dr H M Budiana SIp MSi, jumlah mahasiswa baru yang mengikuti PKKMB tersebut sebanyak 1.104 orang. Tahun ini PKKMB fakultas diselenggarakan secara hybrid selama dua hari. Yaknin pada Rabu, 5 Oktober 2022 PKKMB dilaksanakan secara online dan Kamis 6 Oktober 2022 secara offline.

"Namun kami juga menyelenggarakan hybrid pada PKKMB hari kedua, karena syarat mengikuti PKKMB Offline harus booster. Jadi ada yang belum booster, sakit, dan di luar kota masih bisa mengikuti PKKMB hari kedua secara online," ujar Budiana.

Menurut Budiana, jumlah mahasiswa baru tahun ini meningkat dibanding tahun lalu. Tahun lalu jumlahnya hanya mencapai 900 orang. Kemungkinan, ekonomi masyarakat pasca pandemi sudah mulai bangkit, tahun ini sebanyak 1.104 mahasiswa.

"Alhamdulilah minat masyarakat untuk menyekolahkan anaknya ke jenjang pendidikan tinggi mulai bangkit lagi setelah dua tahun pandemi," katanya.

Menurutnya, program studi yang paling banyak dipilih adalah ilmu komunikasi, disusul hubungan internasional, lalu administrasi bisnis.

"Dari sisi volume mereka yang daftar kebanyakan di 3 Prodi itu. Yang paling besar di Prodi Komunikasi. Mengapa Komunikasi jadi difavoritkan masyarakat, ya karena mungkin zamannya di situ," kata Budiana.

Saat ditanya soal perkuliahan tahun ajaran baru, Budiana mengatakan perkuliahan untuk mahasiswa baru ini akan dimulai pada 10 Oktober 2022.

"Setelah 2 tahun terganggu oleh pandemik kami akan mulai perkuliahan offline lagi. Untuk mahasiswa baru ini tanggal 10 Oktober. Kami melalui wakil dekan 1 bidang akademik  sudah prepare mempersiapkan kuliah offline," katanya.

Karena masih pandemi, kata dia, meskipun offline pihaknya akan menerapkan protokol kesehatan (prokes). Selain itu, akan terus mengevaluasi setiap pekannya. 

Ribuan mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisip) Unpas mengikuti Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB)

 

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
لَهٗ مُعَقِّبٰتٌ مِّنْۢ بَيْنِ يَدَيْهِ وَمِنْ خَلْفِهٖ يَحْفَظُوْنَهٗ مِنْ اَمْرِ اللّٰهِ ۗاِنَّ اللّٰهَ لَا يُغَيِّرُ مَا بِقَوْمٍ حَتّٰى يُغَيِّرُوْا مَا بِاَنْفُسِهِمْۗ وَاِذَآ اَرَادَ اللّٰهُ بِقَوْمٍ سُوْۤءًا فَلَا مَرَدَّ لَهٗ ۚوَمَا لَهُمْ مِّنْ دُوْنِهٖ مِنْ وَّالٍ
Baginya (manusia) ada malaikat-malaikat yang selalu menjaganya bergiliran, dari depan dan belakangnya. Mereka menjaganya atas perintah Allah. Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah keadaan suatu kaum sebelum mereka mengubah keadaan diri mereka sendiri. Dan apabila Allah menghendaki keburukan terhadap suatu kaum, maka tak ada yang dapat menolaknya dan tidak ada pelindung bagi mereka selain Dia.

(QS. Ar-Ra'd ayat 11)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement