Jumat 07 Oct 2022 21:45 WIB

Cuaca Ekstrem, Dinas PUPR Depok Ingatkan Warga Waspadai Potensi Bencana Alam

Cuaca ekstrem yang berpotensi menyebabkan banjir dan longsor di wilayah dataran rendah maupun permukiman yang dekat dengan kali.

Rep: ruzdy nurdiansyah/ Red: Partner
.
Foto: network /ruzdy nurdiansyah
.

ruzka.republika.co.id--Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Depok mengingatkan warga untuk mewaspadai potensi bencana alam, seperti longsor dan banjir. Saat ini Kota Depok sedang mengalami cuaca ekstrem, hujan dan angin kencang.

"Kami minta warga untuk selalu waspada saat cuaca ekstrem sekarang, terutama warga di lokasi yang berpotensi terjadi bencana alam," ujar Kepala Dinas PUPR Kota Depok, Citra Indah Yulianty, Jumat (07/10/2022).

Lanjut Citra, cuaca ekstrem yang berpotensi menyebabkan banjir dan longsor di wilayah dataran rendah maupun permukiman yang dekat dengan kali. "Untuk itu, kami ingatkan masyarakat agar menjaga lingkungan dengan rutin melakukan pembersihan saluran air yang berpotensi tersumbat sampah," harapnya.

Dia menuturkan, pihaknya rutin memonitoring tempat-tempat yang memiliki kerawanan terhadap bencana. "Sedangkan untuk pemetaan kawasan rawan longsor dan banjir, ujar Citra, pihaknya masih berkoordinasi dengan tim yang ada di lapangan," tutur Citra.

Citra meminta warga diminta melaporkan jika ada potensi alam yang membahayakan, seperti keretakan tanah yang menjadi penyebab awal bencana longsor. Apalagi, menurut informasi dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), musim hujan masih terjadi beberapa bulan ke depan.

"Warga bisa melaporkan ke Nomor Tunggal Panggilan Darurat (NTPD) 112 maupun mendatangi atau menghubungi posko banjir kami di Kantor DPUPR Kota Depok Jalan Raya Jakarta Bogor km 34,5, dengan nomor telepon 082311835135," jelasnya. (Rusdy Nurdiansyah)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement