Jumat 07 Oct 2022 22:03 WIB

Dinkes Depok Sasar 101.841 Siswa Dalam Pelaksanaan Bulan Imunisasi Anak Sekolah

BIAS dimaksudkan untuk meningkatkan kekebalan tubuh anak agar terhindar dari penyakit berbahaya.

Rep: ruzdy nurdiansyah/ Red: Partner
.
Foto: network /ruzdy nurdiansyah
.

ruzka.republika.co.id--Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok mulai melaksanakan kegiatan Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS) selama Oktober hingga November 2022. Sebanyak 101.841 siswa yang akan menjadi sasaran pelaksanaan BIAS.

Kepala Dinkes Kota Depok, Mary Liziawati mengatakan, BIAS dimaksudkan untuk meningkatkan kekebalan tubuh anak agar terhindar dari penyakit berbahaya.

"Ini kegiatan pemberian imunisasi rutin lanjutan bagi anak usia sekolah kelas I, II, dan V SD atau MI sederajat. Imunisasi ini dimaksudkan untuk meningkatkan kekebalan tubuh anak agar terhindar dari penyakit berbahaya," ujar Mary, di Balai Kota Depok, Jumat (07/10/2022.

Lanjut Mary, kegiatan ini rutin dilakukan untuk memberikan imunisasi lanjutan demi mencegah terjadinya kejadian luar biasa penyakit kepada anak.

"Imunisasi yang diberikan jenisnya berbeda-beda. Untuk sasaran kelas I sebanyak 35.327 anak diberikan imunisasi measles rubella (MR) dan difteri tetanus (DT). Selanjutnya, kelas II dengan sasaran 31.899 anak dan kelas V dengan sasaran 34.615 anak diberikan imunisasi tetanus difteri (Td)," terangnya.

Kemudian, mengingat saat ini masih masa pandemi Covid-19, maka memungkinkan diberikan dua suntikan antigen pada sasaran yang sama pada satu waktu atau multiple injection yakni, MR dan DT pada anak kelas satu.

"Pelaksanaan multiple injection dan protokol pemberian imunisasi BIAS akan dilakukan oleh petugas Puskesmas sesuai petunjuk teknis pelayanan imunisasi pada masa pandemi Covid-19," jelas Mary. (Rusdy Nurdiansyah)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement