Ahad 09 Oct 2022 10:11 WIB

Bupati Bandung Sandang Predikat Tokoh Literasi Digital

Literasi digital menjadi formula untuk mendongkrak ekonomi dan membangun transparansi

Red: Sandy Ferdiana
Tokoh Literasi Digital 2022
Foto: Istimewa
Tokoh Literasi Digital 2022

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Bupati Bandung HM Dadang Supriatna meraih penghargaan sebagai Tokoh Literasi Digital Daerah tahun 2022 dari Pemerintah Provinsi Jabar. Penobatan Kang DS, penggilan akrab Dadang Supriatna, berlangsung dalam kegiatan Festival Literasi Digital Jawa Barat (Viral Jabar) 2022 di Gedung Sate, Kota Bandung, Sabtu (8/10).

photo
Tokoh Literasi Digital 2022 - (Istimewa)

Selain penobatan Kang DS sebagai tokoh literasi digital, Pemerintah Kabupaten Bandung juga mendapatkan penghargaan lainnya dengan karegori terbaik dalam penerapan literasi Digital di daerahnya. Viral Jabar merupakan salah satu rangkaian peringatan Hari Jadi ke-77 Provinsi Jabar,  sekaligus pre-event West Java Festival yang akan berlangsung pada 2023.

DS dinobatkan sebagai Tokoh Literasi Digital Daerah tahun 2022, karena dinilai konsisten dalam menggulirkan kreativitas dan komitmennya melalui berbagai kebijakan terkait penerapan sistem pemerintahan berbasis digital. Tidak hanya itu, DS juga kerap memberikan literasi digital kepada masyarakat Kabupaten Bandung.

Asisten Administrasi Umum Setda Kabupaten Bandung Hj Nina Setiana mewakili Bupati Dadang Supriatna, menerima penghargaan di ajang Viral Jabar tersebut. Hadir pula mendampingi Nina, Kepala Diskominfo Kabupaten Bandung Drs Yudi Abdurrahman MSi dan beberapa pejabat Kabupaten Bandung lainnya.

DS mengatakan, sejak pertama kali dilantik sebagai bupati Bandung, salah satu komitmennya adalah memperkuat program transparansi birokrasi melalui transformasi digital (Bandung Go Digital). Kebijakan ini sejalan dengan implementasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE), serta memberikan peran yang lebih besar bagi masyarakat melalui sistem pentahelix.

Pihaknya berharap penghargaan ini lebih menyemangati seluruh stakeholder Kabupaten Bandung untuk meningkatkan pemanfaatan solusi digital di setiap perangkat daerah dan masyarakat. Terutama untuk mendukung peningkatan daya saing perekonomian, menuju Kabupaten Bandung  yang bangkit, edukatif, dinamis, agamis dan sejahtera.

‘’Saya juga akan terus dorong adanya inovasi-inovasi berbasis digital, guna meningkatkan kinerja dan layanan kepada masyarakat,’’ ujarnya, Sabtu (8/10). Selain penghargaan Tokoh Literasi Digital untuk Bupati Bandung, Pemkab Bandung juga menerima lima penghargaan lainnya. Yakni:

1. Penghargaan Tanda tangan Elektronik Terbaik (TTE) Pemerintah Kabupaten/Kota tahun 2022, untuk kategori Stakeholder Terbanyak pada Sandikami Award Tahun 2022.

2. Penghargaan bagi Rizky Rifani Syafei S.Kom, staf pengelola IT pada Diskominfo Kabupaten Bandung untuk Peringkat Pertama Diskominfo Teraktif Sapawarga Tahun 2022.

3. Penghargaan bagi Desa Mekarmaju, Kecamatan Pasirjambu sebagai desa terpilih pada Sayembara Desa Digital Pertanian (Program Kelana) tahun 2022, yang diterima langsung oleh Usep Bunyamin Kepala Desa Mekarmaju.

4. Penghargaan bagi Oban Sobana untuk kategori petani terpilih pada Sayembara Desa Digital Pertanian (Program Kelana) Tahun 2022.

5. Penghargaan bagi Relawan TIK (RTIK) Kabupaten Bandung yang merupakan mitra strategis Diskominfo Kabupaten Bandung, dalam pemberdayaan masyarakat di bidang literasi digital untuk kategori Konten Publikasi Terupdate pada Relawan RIK Award 2022, yang diterima langsung oleh Asep Suhendar, Wakil Ketua RTIK Kabupaten Bandung.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement