Senin 10 Oct 2022 06:46 WIB

Fitur iOS 16 Baru Bisa Berbagi Kata Sandi Wi-Fi Lebih Mudah

Fitur baru iOS 16 sebelumnya sudah tersedia di Android sejak lama.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Indira Rezkisari
Fitur baru iOS 16 Apple.
Foto: EPA-EFE/MICHAEL REYNOLDS
Fitur baru iOS 16 Apple.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – iOS 16 Apple menyertakan banyak fitur keren untuk menyempurnakan cara menggunakan iPhone. Namun, salah satu tambahan yang paling berguna adalah cara yang lebih sederhana untuk menemukan dan memberikan kata sandi Wi-Fi.

Ini adalah fitur yang telah tersedia di Android selama bertahun-tahun dan jauh lebih fleksibel daripada metode Apple sebelumnya untuk berbagi akses jaringan Wi-Fi. Sebelum iOS 16, berbagi jaringan Wi-Fi hanya tersedia di antara perangkat Apple dan tidak benar-benar menunjukkan kata sandinya.

Baca Juga

Misalnya, jika ingin menghubungkan Nintendo Switch atau TV pintar ke internet, itu tidak akan berfungsi kecuali memiliki kata sandi tertulis yang sebenarnya. Untungnya, fitur terbaru ini memungkinkan dengan mudah masuk ke pengaturan, menemukan jaringan Wi-Fi, dan melihat kata sandi Wi-Fi.

Kemudian Anda dapat menyalin dan menempelkannya ke dalam pesan teks atau email dan membagikannya dengan mudah kepada siapa saja yang membutuhkannya. Agar ini berfungsi, Anda harus terhubung ke jaringan Wi-Fi atau pernah terhubung sebelumnya dan cukup dekat dengan router agar jaringan muncul di pengaturan.

Jika memenuhi persyaratan ini, luncurkan aplikasi Settings di iPhone yang menjalankan iOS 16 dan lakukan hal berikut:

1.Buka Wi-Fi.

2.Temukan jaringan Wi-Fi yang Anda inginkan kata sandinya dan ketuk ikon informasi biru di sebelah kanan nama jaringan.

3.Ketuk Password dan gunakan Face ID, Touch ID atau masukkan kode sandi Anda untuk melihat kata sandi.

4.Terakhir, tekan Copy untuk menyimpan kata sandi ke clipboard.

Lalu Anda dapat menempelkan kata sandi jaringan Wi-Fi ke dalam pesan teks atau email untuk dibagikan dengan seseorang atau cukup beri tahu mereka kata sandinya, seperti dilansir dari Cnet, Senin (10/10/2022).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement