Senin 10 Oct 2022 08:19 WIB

Amazon.com akan Investasi 1 Miliar Euro untuk Kendaraan Listrik

Investasi ini akan membantu armada van listrik Amzon di Eropa tiga kali lipat.

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Nidia Zuraya
Logo Amazon. Amazon.com Inc mengatakan akan menginvestasikan lebih dari 1 miliar euro atau 974,8 juta dolar AS selama lima tahun ke depan untuk kendaraan listrik.
Foto: AP Photo/Reed Saxon
Logo Amazon. Amazon.com Inc mengatakan akan menginvestasikan lebih dari 1 miliar euro atau 974,8 juta dolar AS selama lima tahun ke depan untuk kendaraan listrik.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON — Amazon.com Inc mengatakan akan menginvestasikan lebih dari 1 miliar euro atau 974,8 juta dolar AS selama lima tahun ke depan untuk kendaraan listrik. Khususnya untuk van listrik, truk, dan pusat paket rendah emisi di seluruh Eropa deni mempercepat upayanya untuk mencapai karbon nol bersih.

Dikutip dari Reuters, Senin (10/10/2022), Amazon.com memastikan investasi itu juga bertujuan untuk memacu inovasi di seluruh industri transportasi. Lalu juga mendorong lebih banyak infrastruktur pengisian publik untuk kendaraan listrik (EV).

Baca Juga

Amazon yakin investasi tersebut akan membantu armada van listriknya di Eropa lebih dari tiga kali lipat dari tiga ribu kendaraan menjadi lebih dari 10 ribu pada 2025. Amazon juga berharap untuk membeli lebih dari 1.500 kendaraan barang berat listrik yang digunakan untuk pengiriman mil menengah pada tahun mendatang.

Sejumlah perusahaan logistik besar termasuk perusahaan pengiriman paket United Parcel Service Inc dan FedEx Corp telah berkomitmen untuk membeli sejumlah besar van dan truk listrik tanpa emisi. Hanya saja kendaraan tersebut belum banyak tersedia untuk pembelian.

Sejumlah startup berlomba untuk membawa van atau truk listrik ke pasar dan menghadapi persaingan yang semakin ketat dari produsen lama seperti General Motors Co dan Ford Motor Co. Pesanan van listrik terbesar Amazon adalah untuk 100 ribu kendaraan dari Rivian Automotive Inc hingga 2025.

Amazon menuturkan selain kendaraan listrik juga akan berinvestasi dalam ribuan pengisi daya di fasilitas di seluruh Eropa. Saat ini Amazon telah menggunakan hub yang berlokasi di pusat tersebut untuk menjalankan metode pengiriman baru termasuk sepeda kargo listrik.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement