Senin 10 Oct 2022 12:08 WIB

Bisakah Asteroid Menghancurkan Bumi?

Ilmuwan coba ungkap kemungkinan bumi bisa hancur oleh asteroid.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Nora Azizah
Ilmuwan coba ungkap kemungkinan bumi bisa hancur oleh asteroid.
Foto: NASA/JPL-Caltech/ IPAC
Ilmuwan coba ungkap kemungkinan bumi bisa hancur oleh asteroid.

REPUBLIKA.CO.ID, AMERIKA SERIKAT -- Setelah mendominasi Bumi selama lebih dari 160 juta tahun, dinosaurus akhirnya menemui ajalnya berkat pengunjung dari luar angkasa. Sekitar 66 juta tahun yang lalu, sebuah asteroid berukuran setidaknya enam mil (10 kilometer) memberikan pukulan dahsyat bagi dunia dinosaurus, memicu gempa bumi, tsunami, letusan gunung berapi dan bencana iklim yang segera membuat 75 persen dari semua makhluk hidup punah. Tapi, melalui semua ini, Bumi itu sendiri tetap ada.

Apakah ini berarti planet Bumi kebal terhadap asteroid Armageddon? Jika asteroid pembunuh dino yang ditakuti tidak cukup untuk mengakhiri dunia, lalu apa yang diperlukan? Bisakah batu ruang angkasa benar-benar menghancurkan seluruh Bumi, dan seberapa besar ukurannya?

Baca Juga

Jawaban singkatnya adalah: Mungkin dibutuhkan batu sebesar planet untuk menghancurkan planet kita. Tapi itu akan memakan waktu jauh, jauh lebih sedikit untuk melenyapkan kehidupan di Bumi-atau sebagian besar dari itu.

“Sebuah objek yang lebih besar dari Mars menghantam Bumi pada awal sejarahnya dan membuat bulan, tanpa menghancurkan Bumi,” Brian Toon, seorang profesor ilmu atmosfer dan kelautan di University of Colorado Boulder yang telah mempelajari dampak asteroid, mengatakan kepada Live Science dalam sebuah surel, dilansir dari Space, Senin (10/10/2022).

Toon mengacu pada hipotesis dampak raksasa-sebuah teori ilmiah yang menunjukkan sebuah planet seukuran Mars bernama Theia bertabrakan dengan Bumi 4,5 miliar tahun yang lalu, meluncurkan salvo puing-puing berbatu ke luar angkasa yang akhirnya bergabung ke bulan kita. (Mars berukuran sekitar 4.200 mil, atau lebar 6.700 km—lebih dari 500 kali lebar asteroid pemusnah dinosaurus.)

Alih-alih melenyapkan planet kita, para ilmuwan berteori bahwa bagian inti dan mantel Theia menyatu dengan milik kita sendiri, tetapi berada di bawah kaki di kalpa yang akan datang ketika kehidupan pertama berevolusi. Para ahli tidak setuju apakah tabrakan kuno ini terjadi secara langsung atau hanya pukulan sekilas, tetapi tidak ada keraguan bahwa jika ada sesuatu yang hidup di Bumi pada saat itu, Theia akan memusnahkannya. (Para ilmuwan berpikir kehidupan bisa muncul sedini 4,4 miliar tahun yang lalu, beberapa juta tahun setelah dampak Theia.)

Kematian dari atas

Seperti yang ditunjukkan oleh kepunahan massal dinosaurus non-unggas, dibutuhkan jauh lebih sedikit daripada planet jahat untuk secara serius mengacaukan kehidupan di Bumi, bahkan jika planet itu sendiri tetap ada. Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) menganggap setiap batu ruang angkasa sebagai potensi bahaya jika berdiameter setidaknya 460 kaki (140 meter) dan mengorbit dalam jarak 4,6 juta mil (7,4 juta kilometer) dari Bumi. Dampak dari batu semacam itu bisa menyapu bersih seluruh kota dan menghancurkan tanah di sekitarnya, menurut NASA.

Tabrakan dengan batu yang lebih besar, berukuran setidaknya 0,6 mil lebar (satu kilometer), “mungkin akan memicu akhir peradaban” dengan melepaskan bencana iklim global, gerrit L. Verschuur, astrofisikawan di Rhodes College di Memphis, Tennessee, Scientific American memberi tahu.

Dan jika penabrak seukuran asteroid pembunuh dino tiba hari ini, itu mungkin akan membuat manusia (dan spesies lain yang tak terhitung jumlahnya) punah.

“Secara garis besar, dampak awal menciptakan bola api besar yang membunuh siapa saja yang bisa melihatnya,” kata Verschuur. “Kemudian debu dari tabrakan dan asap dari kebakaran menyelimuti Bumi, menjerumuskan planet kita ke dalam apa yang disebut musim dingin tabrakan.”

Selama musim penderitaan ini, begitu banyak debu dan gas berbahaya akan menutupi langit sehingga tanaman tidak dapat lagi mengubah sinar matahari menjadi energi melalui fotosintesis. Kehidupan tumbuhan akan binasa di seluruh dunia, dan hewan akan segera mengikutinya. Hanya hewan yang sangat kecil dan tinggal di darat (seperti nenek moyang mamalia awal kita) yang memiliki kesempatan untuk bertahan hidup.

Dapat dimengerti, NASA dan badan antariksa lainnya menanggapi ancaman dampak asteroid dengan sangat serius memantau dengan cermat ribuan penabrak potensial di tata surya kita. Berita baiknya adalah, tidak ada ancaman asteroid yang berpotensi berbahaya  mencapai planet kita setidaknya selama 100 tahun ke depan.

Jika batu ruang angkasa yang berpotensi berbahaya tiba-tiba berubah arah dan membuat planet kita terlihat, NASA sedang menguji rencana untuk menghadapinya. Pada 26 September, badan antariksa itu menghancurkan sebuah roket tanpa awak ke asteroid selebar 525 kaki (160 meter) yang disebut Dimorphos, dengan harapan sedikit mengubah lintasan batu ruang angkasa.

Untungnya, Dimorphos tidak menuju ke Bumi. Tetapi melalui misi ini-yang dikenal sebagai Double Asteroid Redirection Test (DART)-NASA berharap untuk menguji apakah menabrakkan pesawat ruang angkasa ke asteroid adalah sarana pertahanan planet yang layak untuk ketakutan dampak asteroid di masa depan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement