Senin 10 Oct 2022 21:52 WIB

Sri Mulyani Optimistis Indonesia Jadi Negara Maju pada 2045

Sri Mulyani sebut butuh fondasi serta reformasi tata kelola untuk jadi negara maju

Rep: Novita Intan/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Menteri Keuangan Sri Mulyani. Pemerintah mengaku optimistis Indonesia bisa menjadi negara maju pada 2045. Saat ini pemerintah bersama DPR sedang menyusun rancangan undang-undang pengembangan dan penguatan sektor keuangan (RUU PPSK).
Foto: ANTARA/Muhammad Adimaja
Menteri Keuangan Sri Mulyani. Pemerintah mengaku optimistis Indonesia bisa menjadi negara maju pada 2045. Saat ini pemerintah bersama DPR sedang menyusun rancangan undang-undang pengembangan dan penguatan sektor keuangan (RUU PPSK).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintah mengaku optimistis Indonesia bisa menjadi negara maju pada 2045. Saat ini pemerintah bersama DPR sedang menyusun rancangan undang-undang pengembangan dan penguatan sektor keuangan (RUU PPSK).

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan dibutuhkan fondasi yang kuat serta reformasi bagi tata kelola dan kelembagaan, untuk menggapai cita-cita tersebut."Indonesia memiliki aspirasi dan cita cita sebagai high income country. Insya Allah (akan terwujud) pada 2045," ujarnya saat webinar Profesi Keuangan Expo 2022,” Senin (10/10/2022).

Sri Mulyani menjelaskan RUU tersebut akan mengatur lima pilar. Pertama, peningkatan akses data keuangan. Kedua, perluasan sumber pembiayaan jangka panjang. 

Ketiga, peningkatan daya saing dan efisiensi. Keempat, pengembangan instrumen dan memperkuat mitigasi risiko dan kelima meningkatkan perlindungan investor dan konsumen.

“Kelima pilar tersebut tentunya membutuhkan kualitas sumber daya manusia yang baik, yaitu profesi keuangan yang memiliki kompetensi dan integritas,” jelasnya.

Sri Mulyani juga menyebut sebuah negara hanya akan bisa maju apabila memiliki sektor keuangan yang kuat. Dia menilai Indonesia juga perlu membangun dan memperkuat tata kelola pelaporan keuangan serta pengawasan sektor jasa keuangan.

"Sektor keuangan akan menjadi tulang punggung sekaligus aliran darah bagi perekonomian untuk mencapai kemajuan secara berkelanjutan," ucapnya.

Ke depan Sri Mulyani berharap, melalui RUU PPSK, sektor keuangan Indonesia menjadi semakin maju, inovatif, efisien, inklusif, stabil, kuat, dan bisa dipercaya oleh para investor serta masyarakat. Maka itu, Sri Mulyani mengajak seluruh institusi dan elemen masyarakat bisa ikut mendukung dan mengawal perwujudan omnibus law sektor keuangan.

"Cukup banyak hal yang akan diatur dalam RUU ini, mulai dari industri perbankan, pasar modal, asuransi, dana pensiun, fintech, keuangan berkelanjutan, SDM sektor keuangan, pelaporan keuangan, hingga akses pembiayaan bagi UMKM," ucapnya.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
اِنَّمَا مَثَلُ الْحَيٰوةِ الدُّنْيَا كَمَاۤءٍ اَنْزَلْنٰهُ مِنَ السَّمَاۤءِ فَاخْتَلَطَ بِهٖ نَبَاتُ الْاَرْضِ مِمَّا يَأْكُلُ النَّاسُ وَالْاَنْعَامُ ۗحَتّٰٓى اِذَآ اَخَذَتِ الْاَرْضُ زُخْرُفَهَا وَازَّيَّنَتْ وَظَنَّ اَهْلُهَآ اَنَّهُمْ قٰدِرُوْنَ عَلَيْهَآ اَتٰىهَآ اَمْرُنَا لَيْلًا اَوْ نَهَارًا فَجَعَلْنٰهَا حَصِيْدًا كَاَنْ لَّمْ تَغْنَ بِالْاَمْسِۗ كَذٰلِكَ نُفَصِّلُ الْاٰيٰتِ لِقَوْمٍ يَّتَفَكَّرُوْنَ
Sesungguhnya perumpamaan kehidupan duniawi itu, hanya seperti air (hujan) yang Kami turunkan dari langit, lalu tumbuhlah tanaman-tanaman bumi dengan subur (karena air itu), di antaranya ada yang dimakan manusia dan hewan ternak. Hingga apabila bumi itu telah sempurna keindahannya, dan berhias, dan pemiliknya mengira bahwa mereka pasti menguasainya (memetik hasilnya), datanglah kepadanya azab Kami pada waktu malam atau siang, lalu Kami jadikan (tanaman)nya seperti tanaman yang sudah disabit, seakan-akan belum pernah tumbuh kemarin. Demikianlah Kami menjelaskan tanda-tanda (kekuasaan Kami) kepada orang yang berpikir.

(QS. Yunus ayat 24)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement