Selasa 11 Oct 2022 10:12 WIB

Warga Blackburn Galang Dana untuk Renovasi Masjid Tertua

Penggalangan untuk renovasi masjid tertua di Blackburn dilakukan warga.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Muhammad Hafil
Renovasi Masjid-e-Rizwan di Newton Street, Blackburn, Inggris. Masjid ini salah satu masjid tertua di Blackburn yang didirikan pada 1970-an.
Foto: Lancashire Telegraph
Renovasi Masjid-e-Rizwan di Newton Street, Blackburn, Inggris. Masjid ini salah satu masjid tertua di Blackburn yang didirikan pada 1970-an.

REPUBLIKA.CO.ID,BLACKBURN — Masyarakat Blackburn bahu membahu berdonasi agar bisa memperbaiki masjid tertua di kota itu yakni Masjid Rizwan. Dalam gelaran Fun Day mereka berhasil mengumpulkan 24.000 poundsterling atau sekitar Rp 406 juta.

"Ini adalah momennya, hari untuk mengingat  Masjid Rizwan, di mana semua orang berkumpul, dari komunitas lokal, sekolah dan bisnis,” kata presiden Masjid Rizwan Asif Naik seperti dilansir About Islam pada Selasa (11/10/2022).

Baca Juga

“Semua orang menikmati makanan, kegiatan, dan pertemuan sosial, dan sungguh menakjubkan melihat begitu banyak anak-anak menikmati diri mereka sendiri. Uang yang terkumpul luar biasa, tetapi pencapaian terbesar di sini adalah bagaimana komunitas berkumpul untuk mendukung dan bersenang-senang," tambahnya.

Perkiraan biaya renovasi lebih dari  800 ribu poundsterling yang didanai oleh sumbangan pribadi. Diperkirakan masjid baru nantinya akan dapat menampung 450 jamaah.

Tak hanya orang dewasa,  anak-anak sekolah dari SD tetangga St. Thomas juga berpartisipasi dalam upaya penggalangan dana perbaikan masjid tertua di Blackburn 

“Terima kasih kepada Pak Naik dan tim yang telah melibatkan anak-anak kami dalam acara komunitas penggalangan dana untuk proyek masjid. Hari itu sukses besar, menyatukan orang-orang dari berbagai komunitas untuk merayakan hari keluarga yang menyenangkan. Terima kasih dari semua orang di St Thomas," kata kepala sekolah, Arshad.

Ada lebih dari 40 masjid di wilayah Blackburn bersama Darwen. Menurut sensus 2017  proporsi Muslim di Blackburn adalah 30,9 persen. Populasi Muslim itu sangat terkonsentrasi di bagian kota tertentu seperti Whalley Range, Audley dan Bastwell.

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement