Selasa 11 Oct 2022 23:04 WIB

Dua Helikopter Dikerahkan Atasi Karhutla di Rohul dan Rohil

Lokasi kebakaran terjadi di tengah-tengah kawasan perbukitan.

Red: Andi Nur Aminah
Petugas berusaha memadamkan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) -ilustrasi
Foto: ANTARA/Dedhez Anggara
Petugas berusaha memadamkan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) -ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, PEKANBARU- Kepala BPBD Provinsi Riau, Edy Afrizal, mengatakan saat ini ada tiga titik lokasi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di dua kabupaten, yakni Rokan Hulu (Rohul) dan Rokan Hilir (Rohil). Lokasinya adalah di Teluk Piai dan Kubu, Kabupaten Rokan Hilir (Rohil), dan Tambusai Timur, Kabupaten Rokan Hulu (Rohul).

Untuk mengatasi Karhutla di dua kabupaten tersebut, BPBD Riau menurut Edy telah mengerahkan dua helikopter untuk pemadaman dari udara. "Untuk penanganan Karhutla ini, sebanyak dua unit helikopter sudah diturunkan ke lokasi untuk melakukan kegiatan water bombing.

Baca Juga

Jika dilihat dari posisinya, lokasi kebakaran terjadi di tengah-tengah kawasan perbukitan, sehingga sulit jika diakses dengan jalur darat," kata Edy, Selasa (11/10).

Selain jauh di tengah hutan, di sekitar lokasi kebakaran dijelaskan Edy juga sulit sumber air. Ia berharap dengan melakukan water bombing dengan helikopter ini, titik api dapat segera dipadamkan. Sebelum api merembet hingga ke perkebunan sawit milik warga.

"Areanya non-konsesi ya, di sekeliling ada kebun sawit masyarakat. Nanti kalau sudah selesai semua, akan diukur, baru ketahuan berapa hektar luasan lahan yang terbakar,” ucap Edy.  

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement