Kamis 13 Oct 2022 15:41 WIB

Pemprov Jatim dan Swedia Kerja Sama Pembangunan Transportasi Publik

Swedia siap membantu Jatim dalam pembangunan transportasi publik berbasis listrik.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa saat ujicoba bus listrik E-Inobus di Kota Surabaya, Jawa Timur, Rabu (14/9/2022).
Foto: ANTARA/Umarul Faruq
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa saat ujicoba bus listrik E-Inobus di Kota Surabaya, Jawa Timur, Rabu (14/9/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Pemprov Jatim) dan Pemerintah Swedia menjajaki kerja sama pembangunan transportasi publik berbasis listrik, khususnya untuk kendaraan bus. Dalam pertemuan yang berlangsung tertutup, Dubes Marina Berg menyatakan tertarik untuk bekerja sama di bidang transportasi publik di Kota Surabaya dan Provinsi Jatim.

"Pembahasan diskusi tadi, Pemerintah Swedia dan sektor swasta dari negara tersebut akan berinvestasi di sini," kata Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa usai menerima kunjungan Duta Besar (Dubes) Swedia untuk Indonesia Marina Berg di Gedung Negara Grahadi, Kota Surabaya, Kamis (13/10/2022).

Dubes Marina siap membantu pembangunan bus atau kendaraan umum lainnya yang berbasis listrik. Bagi Pemprov Jatim dan Swedia, dari penjajakan kerja sama tersebut diharapkan menjadi bagian dari program transisi 'kehijauan' untuk mewujudkan transportasi ramah lingkungan. "Mudah-mudahan ini bisa menjadi bagian dari penguatan, karena pada 2060 bersama-sama berikhtiar untuk mewujudkan emisi nol persen," kata Khofifah.

Dubes Marina Berg menjelaskan, Swedia memiliki lebih dari 100 perusahaan yang beroperasi di Indonesia. "Kami siap memperkuat kerja sama ini dengan kolaborasi yang signifikan dan berkelanjutan di Surabaya dan Jawa Timur, terutama dalam hal pembangunan transportasi publik berbasis listrik," ujarnya.

Marina berharap, kerja sama ini menjadi pijakan kuat antara dua negara dan instansi, termasuk juga sumber daya manusianya. "Saat ini delegasi Swedia sudah sampai pada tahapan diskusi implementasi untuk teknis pelaksanaan transportasi, terutama bus dan juga kendaraan lainnya yang berbasis listrik," katanya.

Marina menyampaikan, implementasi dari pertemuan ini akan ditindaklanjuti oleh pihak swasta atas dukungan Pemerintah Swedia, yang diharapkan berujung pada penandatanganan kontrak kerja sama.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement