Jumat 14 Oct 2022 22:11 WIB

Jadi Tersangka, Teddy Minahasa Batal Jadi Kapolda Jatim

Posisi Kapolda Jatim dijabat oleh Irjen Tony Harmanto yang sebelumnya Kapolda Sumsel.

Rep: Ali Mansur/ Red: Andi Nur Aminah
Kepala Divisi Humas Mabes Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo
Foto: Republika/Thoudy Badai
Kepala Divisi Humas Mabes Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo secara resmi telah membatalkan penunjukkan Irjen Teddy Minahasa sebagai Kapolda Jawa Timur dan dimutasikan menjadi Pati Yanma Polri. Mutasi itu tertuang dalam Surat Telegram Nomor: ST/2223/X/KEP./2022 tertanggal 14 Oktober 2022

"Ya betul, pembatalan Irjen Pol TM, penggantian para Kapolda yang pensiun, dan promosi lainnya guna meningkatkan kinerja organisasi," tutur Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo saat dikonfirmasi, Jumat (14/10/2022).

Baca Juga

Sementara itu, posisi Kapolda Jawa Timur dijabat oleh Irjen Tony Harmanto yang sebelumnya Kapolda Sumatra Selatan. Sedangkan posisi Kapolda Sumatra Selatan lantas diisi oleh Irjen Albertus Rachmad Wibowo yang sebelumnya Kapolda Jambi. 

Adapun Wisyaiswara Utama Sespim Lemdiklat Polri Irjen Rusdi Hartono yang awalnya dimutasikan sebagai Kapolda Sumatera Barat diubah menjadi Kapolda Jambi. Lalu jabatan Kapolda Sumatera Barat diisi oleh Irjen Suharyono yang sebelumnya Pati Bareskrim Polri penugasan pada OJK.

Kemudian pada Surat Telegram Nomor: ST/2224/X/KEP./2022 tertanggal 14 Oktober 2022, Irjen Rikwanto yang sebelumnya Kapolda Kalimantan Selatan dimutasi sebagai Analis Kebijakan Utama Bidang Jemen Ops Itwasum Polri. Posisi Kapolda Kalimantan Selatan diisi oleh Brigjen Andi Rian Djajadi yang sebelumnya Dirtipidum Bareskrim Polri.

Lalu, Kapolda DIY Irjen Asep Suhendar dimutasikan sebagai Pati Polda DIY dalam rangka pensiun. Posisi Kapolda DIY kemudian diisi oleh Irjen Suwondo Nainggolan yang sebelumnya Kakorbinmas Baharkam Polri. Kapolda Sulawesi Utara Irjen Mulyatno dimutasikan sebagai Pati Polda Sulawesi Utara dalam rangka pensiun. Posisi Kapolda Sulawesi Utara dijabat oleh Irjen Setyo Budiyanto yang sebelumnya Kapolda NTT.

Irjen Johanis Asadoma yang sebelumnya Kadivhubinter Polri diangkat sebagai Kapolda NTT. Posisi Kadivhubinter Polri selanjutnya dijabat oleh Brigjen Krishna Murti yang sebelumnya Karomisinter Divhubinter Polri. Koorsahli Kapolri Irjen Eko Indra Heri dimutasikan sebagai Pati Bareskrim Polri untuk persiapan penugasan luar struktur.

Untuk jabatan Koorsahli Kapolri kemudian diisi oleh Irjen Risyapudin Nursin yang sebelumnya Kapolda Maluku Utara. Sedangkan jabatan Kapolda Maluku Utara diisi oleh Irjen Midi Siswoko yang sebelumnya Pati Baintelkan Polri penugasan pada pada BIN.

Sebelumnya, Direktur Reserse Narkoba Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Mukti Juharsa mengatakan, Inspektur Jenderal Polisi Teddy Minahasa telah ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan penyalahgunaan narkoba. Saat ini yang bersangkutan telah dilakukan penempatan khusus atau patsus.

"Tadi siang kita sudah gelar pekara dihadiri dir bareskrim polri,irswada, kabid propam dan biddkum yang mana sudah menetapakan tm sebagai tersangka untuk persiang tadi hasil gelar perkara," ungkap Kombes Mukti Juharsa.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement