Sabtu 15 Oct 2022 09:31 WIB

Cegah Stroke dengan Aktif Bergerak

Aktivitas fisik bisa mencegah berbagai penyakit, salah satunya stroke.

Red: Nora Azizah
Aktivitas fisik bisa mencegah berbagai penyakit, salah satunya stroke.
Foto: Pixabay
Aktivitas fisik bisa mencegah berbagai penyakit, salah satunya stroke.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dokter spesialis saraf dr Untung Gunarto Sp.S. MM, mengatakan bahwa masyarakat dapat mencegah penyakit stroke dengan menerapkan pola hidup sehat salah satunya dengan aktif bergerak. "Aktif bergerak atau melakukan aktivitas fisik secara rutin sangat baik untuk mencegah berbagai penyakit tidak menular, termasuk stroke," kata Untung Gunarto ketika dihubungi di Jakarta, Jumat (14/10/2022).

Dokter yang praktik di sejumlah RS di Purwokerto, JawaTengah itu mengatakan bahwa dengan aktif beraktivitas fisik maka akan meningkatkan metabolisme dan meningkatkan sistem pembakaran dalam tubuh. Dia menambahkan, rutin melakukan aktivitas fisik juga dapat meningkatkan kolesterol baik dan menurunkan kolesterol jahat.

Baca Juga

"Dengan demikian tubuh akan mudah membuang sisa metabolisme. Untuk itu aktivitas fisik minimal 30 menit sehari dan dilakukan minimal lima kali dalam seminggu sangat baik untuk mencegah berbagai masalah kesehatan," katanya.

"Dengan demikian kolesterol akan bisa terkontrol dengan baik, hal ini sangat baik untuk mencegah berbagai penyakit," tambahnya.

Selain itu, dia juga menambahkan bahwa dengan rutin melakukan aktivitas fisik maka akan meningkatkan kerja jantung yang efektif sehingga lebih sehat dan tekanan darah terkontrol dengan baik.

"Terkait hal itu maka masyarakat harus terus bergerak secara aktif, karena kurangnya aktivitas dan kegemukan bisa menjadi salah satu faktor risiko stroke terutama bagi penderita riwayat penyakit tersebut," katanya.

Dia mengatakan bahwa pada saat ini pemerintah terus memperkuat gerakan masyarakat hidup sehat atau Germas guna mencegah berbagai masalah kesehatan. "Gerakan masyarakat hidup sehat sangat baik dan memiliki banyak manfaat sehingga perlu diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, termasuk untuk memelihara kondisi kesehatan tubuh" katanya.

Gerakan Masyarakat Hidup Sehat meliputi tujuh langkah, yakni melakukan aktivitas fisik, makan buah dan sayur, tidak merokok, tidak mengonsumsi minuman beralkohol, melakukan pemeriksaan kesehatan secara berkala, menjaga kebersihan lingkungan dan menggunakan jamban.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement