Selasa 18 Oct 2022 07:16 WIB

7 Makanan yang Sehat untuk Otak

Berikut 7 makanan yang sehat otak berbasis sejumlah studi. Lihat juga rekomendasi asupannya.

Rep: Koiyudh/ Red: Partner
.
Foto: network /Koiyudh
.

Telur dan Tomat. (Unsplash/Saile Ilyas)
Telur dan Tomat. (Unsplash/Saile Ilyas)

Otak adalah bagian terpenting bagi manusia. Namun, sebagian dari kita masih cenderung mengabaikan kebutuhan gizinya.

Padahal, otak membutuhkan banyak asupan supaya dapat berfungsi dengan baik. Studi menunjukkan bahwa, otak menyumbang rata-rata sekitar 20% dari kalori yang kita bakar setiap hari.

Karena itu, memastikan kebutuhannya terpenuhi dapat membuat otak bisa terus bekerja optimal sangat penting. Kamu bisa melakukan itu salah satunya dengan memilih makanan yang sehat untuk otak.

Ada banyak makanan sehat di luar sana yang bisa kamu pilih. Namun, dari sekian opsi, berikut adalah 7 terbaik di antaranya seperti dikutip dari Healthline.com:

1. Salmon dan tuna

Kamu mungkin biasa menghindari makanan berlemak. Namun jika menyangkut lema ikan, justru hal yang baik.

Ikan seperti salmon dan tuna kaya akan asam lemak omega-3, yang dapat membarikan dampak positif bagi kesehatan, termasuk untuk otak.

Secara khusus, lemak sehat ini disebut dapat mempengaruhi tingkat beta-amiloid yang lebih rendah dalam darah. Protein Amiloid kerap dikaitkan dalam pembentukan gumpalan di otak yang dapat menyebabkan penyakit Alzheimer.

Usahakan setidaknya mengonsumsi dua porsi ikan rendah merkuri seperti salmon dan tuna per pekannya untuk mendapat hasil maksimal.

2. Tomat

Tomat adalah salah satu makanan terbaik untuk kesehatan otak. Itu berkat kandungan likopen (zat antioksidan) yang kaya di dalamnya.

Ia terbukti membantu mencegah gangguan kognitif seperti penyakit Alzheimer dan Parkinson.

Satu tomat segar berukuran sedang mengandung sekitar 3,2 miligram likopen .

Studi menunjukkan bahwa kamu dianjurkan untuk mendapat asupan 9 hingga 21 miligram likopen per hari demi kesehatan otak.

3. Jeruk

Kamu bisa mendapatkan hampir semua vitamin C yang kamu butuhkan dalam sehari dengan makan satu buah jeruk ukuran sedang.

Ini dapat memengaruhi kesehatan otak karena vitamin C adalah faktor kunci dalam mencegah penurunan mental.

Menurut penelitian, memiliki kadar vitamin C yang lebih tinggi dalam darah dikaitkan dengan peningkatan tugas yang melibatkan fokus, memori, perhatian, dan kecepatan keputusan.

Vitamin C adalah antioksidan kuat yang membantu melawan radikal bebas yang dapat merusak sel-sel otak.

Plus, vitamin C mendukung kesehatan otak seiring bertambahnya usia dan dapat melindungi dari kondisi seperti gangguan depresi berat, kecemasan, skizofrenia, dan penyakit Alzheimer (63).

Anda juga bisa mendapatkan vitamin C dalam jumlah tinggi dari makanan lain seperti paprika, jambu biji, kiwi, tomat, dan stroberi.

4. Kacang Almond

Kacang-kacangan sering disebut sebagai sumber protein dan lemak sehat. Mereka juga makanan yang baik untuk otak.

Salah satu yang bisa kamu konsumsi adalah kacang almond, karena mengandung asam lemak omega-3 dan antioksidan. Keduanya penting untuk mencegah penurunan mental.

Sebuah studi tahun 2021 menemukan bahwa orang dewasa yang mengonsumsi 15 hingga 30 gram kacang per hari memiliki skor kognitif yang lebih tinggi daripada mereka yang makan lebih sedikit.

5. Brokoli

Segala jenis sayuran hijau sangat baik untuk kesehatan. Termasuk Brokoli. Ia memiliki vitamin K cukup tinggi.

Selain itu, brokoli mengandung sejumlah senyawa yang memberikan efek anti-inflamasi dan antioksidan, yang dapat membantu melindungi otak dari kerusakan.

USDA merekomendasikan agar orang dewasa makan 1,5 hingga 2,5 gram sayuran seperti brokoli per minggunya.

6. Coklat Hitam

Cokelat hitam tidak hanya lezat, namun juga mengandung banyak senyawa menyehatkan. Ia kaya dengan antioksidan, flavonoid, dan kafein. Ketiganya sangat baik untuk kesehatan otak.

Dengan mengonsumsi 30 hingga 60 gram cokelat beberapa kali dalam seminggu, dapat membantu meningkatkan fungsi otak.

Pastikan memilih setidaknya cokelat hitam dengan kadar murni hingga 70 persen. Ini demi mendapatkan manfaat maksimal dan membatasi kalori dari gula.

7. Telur

Makanan sarapan pagi ini tidak hanya baik untuk asupan berprotein di pagi hari. Telur juga kaya akan beberapa vitamin B penting , termasuk B6, B12 dan B9 (asam folat).

Studi menunjukkan bahwa vitamin ini dapat membantu mencegah penyusutan otak dan mengekang penurunan mental pada orang dewasa yang lebih tua.

Bagi orang dewasa, satu butir telur sehari bisa memberikan dampak kesehatan cukup baik. Dokter mungkin bisa merekomendasikan lebih atau kurang berdasarkan tingkat kesehatan dan kolesterolmu secara keseluruhan.

Sumber: Healthline, Cnet

Baca juga:

- 5 Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami, Cepat dan Mudah Dilakukan

- Kopi Hilangkan Ngantuk? Benar Nggak Sih?

- Hari Kesehatan Mental Sedunia: 5 Cara Kurangi Media Sosial Agar Jiwa Sehat

- Gas Air Mata, Seberapa Fatal Efeknya pada Manusia?

- Cara Translate Dokumen Excel di Google Terjemahan, Paling Praktis

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement