Selasa 18 Oct 2022 15:48 WIB

Gubernur Jabar Larang Sekolah Gelar Kegiatan di Area Perairan

Peringatan gubernur keluar demi keselamatan nyawa anak sekolah di Jabar.

Red: Indira Rezkisari
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meminta sekolah tidak melakukan kegiatan luar ruangan di area perairan selama musim hujan.
Foto: Edi Yusuf/Republika
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meminta sekolah tidak melakukan kegiatan luar ruangan di area perairan selama musim hujan.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Gubernur Jawa Barat (Jabar) M Ridwan Kamil melarang pihak sekolah di wilayah Jawa Barat, untuk menggelar segala jenis kegiatan luar ruangan di area perairan seperti sungai, air terjun, pantai dan danau. Larangan berlaku selama musim penghujan berlangsung.

"Di tengah cuaca ekstrem hujan seperti ini, saya menitipkan pesan jangan dulu ada kegiatan di sekolah, khususnya yang bersifat outdoor yang berhubungan dengan air. Kalau outdoornya kering tak jadi masalah. Sehingga yang berhubungan dengan sungai, curug atau yang melibatkan jumlah banyak dikurangi dulu," kata Ridwan Kamil, Selasa (18/10/2022).

Baca Juga

Dia mengatakan cuaca ekstrem yang terjadi saat ini di wilayah Jawa Barat, sangat berpotensi menimbulkan bencana hidrometeorologi. Ridwan Kamil meminta kepada sekolah segera menghentikan kegiatan luar ruangan di daerah yang berhubungan dengan air demi keselamatan para peserta didik.

"Peristiwa di Bogor dan di Kabupaten Bogor itu harus jadi evaluasi. Saya sudah perintahkan ditunda dulu sampai cuaca relatif lebih baik. Karena keselamatan nyawa apalagi anak-anak sekolah jauh lebih utama dari apa pun juga," kata dia.

Dia menuturkan, kondisi cuaca saat ini sangat tidak menentu akibat perubahan iklim yang menyebabkan volume curah hujan cenderung tinggi dalam beberapa pekan terakhir. "Saat ini isunya ada di global warming. Cuaca makin susah diprediksi, bulan Agustus kemarin yang harusnya sudah mulai musim kemarau malah banjir di Kabupaten Garut. Dan itu merata di semua pulau di Indonesia" kata Ridwan Kamil.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement