Selasa 18 Oct 2022 21:06 WIB

Courtois Sebut Mustahil Penjaga Gawang Raih Ballon d'Or

Courtois meraih penghargaan Yashin Trophy 2022 untuk kiper terbaik.

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Israr Itah
 Penjaga gawang Real Madrid Thibaut Courtois berbicara setelah memenangkan Penghargaan Yashin Trophy 2022
Foto: AP/Francois Mori
Penjaga gawang Real Madrid Thibaut Courtois berbicara setelah memenangkan Penghargaan Yashin Trophy 2022

REPUBLIKA.CO.ID, PARIS -- Thibaut Courtois mengatakan bahwa posisi penjaga gawang mustahil memenangi Ballon d'Or setelah dia berada di urutan ketujuh dalam perolehan suara penghargaan tersebut.

Rekan setimnya di Real Madrid, Karim Benzema dinobatkan sebagai pemain terbaik tahun ini setelah meraih Ballon d'Or 2022. Sedangkan Courtois menerima trofi Lev Yashin untuk kiper terbaik, tetapi penghargaan itu dirasanya masih kurang.

Baca Juga

"Saya rasa mustahil untuk penjaga gawang dapat memenangi Ballon d'Or," ucap Courtois kepada Reuters pada malam penganugerahan itu pada Selasa (18/10/2022).

"Anda memenangi LaLiga dan Liga Champions, tim Anda menang, Anda melakukan penyelamatan hebat dan Anda hanya finis ketujuh. Namun, setidaknya mereka telah menemukan trofi untuk kiper terbaik.?

Tahun lalu, kiper Gianluigi Donnarumma menempati urutan ke-10 dalam peringkat Ballon d'Or setelah dinobatkan sebagai man of the match dalam kemenangan timnas Italia melawan Inggris setelah adu penalti di final Piala Eropa (Euro) 2020.

"Tentu saja berada di 10 besar, itu fantastis, tetapi sayangnya ketika pemungutan suara dilakukan, kiper diabaikan dengan striker lebih disukai," kata Courtois.

"Ini bukan masalah besar, tetapi kiper diremehkan meskipun kami lebih banyak berpartisipasi dalam permainan, kadang-kadang hampir sebagai gelandang."

Meski begitu, Courtois menegaskan bahwa dia sangat senang Karim Benzema memenangi Ballon d'Or 2022.

"Saya turut senang untuk Karim Benzema. Tampaknya mencetak gol lebih baik daripada menyelamatkannya. Sebuah pertarungan yang masih harus dimenangkan," ujarnya.

Klasemen La Liga Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement