Selasa 18 Oct 2022 22:18 WIB

Pemkot Surabaya Siapkan Desain Guna Percantik Wisata Sungai Kalimas

Sudah disiapkan desain untuk mempercantik dan menyempurnakan Sungai Kalimas.

Red: Andi Nur Aminah
Pemerintah Kota Surabaya menggandeng PT. Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III untuk mengembangkan potensi wisata Sungai Kalimas.
Foto: Dok Humas Pemkot Surabaya
Pemerintah Kota Surabaya menggandeng PT. Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III untuk mengembangkan potensi wisata Sungai Kalimas.

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Pemerintah Kota Surabaya, Jawa Timur, menyiapkan desain untuk mempercantik dan menyempurnakan wisata Susur Sungai Kalimas, dengan menggunakan hasil studi yang dilakukan bekerja sama dengan Belanda. "Kami ingin menggerakkan Kalimas, supaya lebih cantik dan kian mempesona," kata Wali Kota Surabaya Eri Cahaydi saat diskusi seputar pengembangan Kalimas di ruang kerjanya, Selasa (18/10/2022).

Diskusi Kalimas tersebut diikuti Kepala Dinas Pekerjaan Umur Sumber Daya Air Provinsi Jawa Timur Muhammad Isa Anshori dan Representative Kerja Sama di Sektor Air Indonesia-Belanda Dr Rien AC Dam. Wali Kota Eri menjelaskan, bahwa pada saat peresmian susur Sungai Kalimas, pihaknya mengajak Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa untuk melihat keindahan Sungai Kalimas.

Baca Juga

Bahkan, saat itu Gubernur Khofifah langsung memanggil Kepala Dinas PU Sumber Daya Air Provinsi Jawa Timur Muhammad Isa Anshori. Khofifah meminta untuk meminta bantuan dari Pemerintah Belanda dalam menggerakkan Kalimas menjadi studi.

"Setelah pertemuan itu, ternyata Pak Isa dan timnya serta Pak Rien AC Dam ini berangkat ke Belanda. Akhirnya ada studi yang dibiayai oleh Kementerian PUPR. Nah, studi itulah nanti yang akan kami terapkan di Kalimas ke depannya," ujar Eri.

Sebenarnya, lanjut dia, jajaran Pemkot Surabaya sudah menyiapkan desain untuk mempercantik dan menyempurnakan sungai Kalimas itu. Namun, karena ada hasil studi dari Belanda, akhirnya nanti pemkot akan menggelar Focus Group Discussion (FGD) untuk bersama-sama membahas dan saling menyempurnakan desain Kalimas ke depannya.

"Setelah ini kami akan menggelar FGD, kami juga akan panggil dari berbagai perguruan tinggi, berbagai pakar untuk bersama-sama menyempurnakan desain Kalimas. Sehingga ke depan Kalimas di Surabaya ini bisa menjadi heritage sampai ke Jembatan Merah dan Pasar Ikan Pabean," kata dia.

Sementara itu, representative kerja sama di Sektor Air Indonesia-Belanda Dr Rien AC Dam mengatakan, ada potensi besar di koridor Sungai Kalimas untuk dibikin koridor hijau supaya lingkungannya lebih menarik bagi masyarakat dan bisa dinikmati oleh masyarakat.

Bahkan, dia juga menilai ada potensi bisnis dan rekreasi di sepanjang Kalimas itu. "Makanya, perlu restorasi beberapa lokasi yang menarik di Kota Surabaya sebagai heritage. Atau pun sejarah modern atau mungkin lokasi-lokasi yang berpotensi bisnis," kata Rien. 

 

 

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِيْٓ اُنْزِلَ فِيْهِ الْقُرْاٰنُ هُدًى لِّلنَّاسِ وَبَيِّنٰتٍ مِّنَ الْهُدٰى وَالْفُرْقَانِۚ فَمَنْ شَهِدَ مِنْكُمُ الشَّهْرَ فَلْيَصُمْهُ ۗ وَمَنْ كَانَ مَرِيْضًا اَوْ عَلٰى سَفَرٍ فَعِدَّةٌ مِّنْ اَيَّامٍ اُخَرَ ۗ يُرِيْدُ اللّٰهُ بِكُمُ الْيُسْرَ وَلَا يُرِيْدُ بِكُمُ الْعُسْرَ ۖ وَلِتُكْمِلُوا الْعِدَّةَ وَلِتُكَبِّرُوا اللّٰهَ عَلٰى مَا هَدٰىكُمْ وَلَعَلَّكُمْ تَشْكُرُوْنَ
Bulan Ramadan adalah (bulan) yang di dalamnya diturunkan Al-Qur'an, sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang benar dan yang batil). Karena itu, barangsiapa di antara kamu ada di bulan itu, maka berpuasalah. Dan barangsiapa sakit atau dalam perjalanan (dia tidak berpuasa), maka (wajib menggantinya), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain. Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu. Hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, agar kamu bersyukur.

(QS. Al-Baqarah ayat 185)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement