Rabu 19 Oct 2022 11:40 WIB

Selandia Baru Usulkan Perubahan UU Kontra Terorisme

Usulan UU agar lebih membatasi orang-orang yang diduga akan melakukan serangan.

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Friska Yolandha
Polisi berdiri di luar lokasi serangan pisau di sebuah supermarket di Auckland, Selandia Baru, Jumat, 3 September 2021. Parlemen Selandia Baru pada Ribu (19/10/2022) mengusulkan perubahan undang-undang kontra-terorisme.
Foto: AP/Brett Phibbs
Polisi berdiri di luar lokasi serangan pisau di sebuah supermarket di Auckland, Selandia Baru, Jumat, 3 September 2021. Parlemen Selandia Baru pada Ribu (19/10/2022) mengusulkan perubahan undang-undang kontra-terorisme.

REPUBLIKA.CO.ID, WELLINGTON -- Parlemen Selandia Baru pada Ribu (19/10/2022) mengusulkan perubahan undang-undang kontra-terorisme. Usulan ini bertujuan untuk memberikan lebih banyak pembatasan pada orang-orang yang diduga merencanakan serangan.

Perubahan pada Undang-Undang Perintah Pengendalian dan Undang-Undang Pemberantasan Terorisme mengikuti pengenalan undang-undang Perundang-undangan Kontra-Terorisme pada 2021. Undang-undang ini disahkan setelag terjadi serangan penusukan terhadap beberapa orang di supermarket Auckland oleh seorang pria yang dikenal memiliki pandangan ekstremis. 

Baca Juga

"Meskipun tidak ada hukum yang dapat menghentikan teroris yang termotivasi untuk melakukan serangan, perubahan ini akan sangat membantu dalam mencegah, mengganggu, dan membatasi kemampuan mereka untuk melakukannya," kata Menteri Kehakimannya, Kiri Allen dalam sebuah pernyataan.

Perubahan tersebut termasuk memperluas kriteria siapa yang dapat memiliki batasan. Termasuk meningkatkan fleksibilitas apakah seseorang di bawah Undang-Undang Perintah Pengendalian identitasnya harus dirahasiakan. Perubahan undang-undang sekarang harus melalui parlemen, sehingga tidak mungkin diselesaikan sebelum Maret 2023.

Setelah serangan penusukan pada 2021, pemerintah meninjau kembali undang-undang untuk mencegah serangan serupa terjadi. Pelaku penusukan, yang ditembak mati oleh polisi, terinspirasi oleh kelompok militan ISIS dan berada dalam pengawasan petugas keamanan setelah pembebasannya dari penjara.

Penusukan ini adalah serangan ekstremis kedua di Selandia Baru salam kurun waktu kurang dari dua tahun. Pada Maret 2019, terjadi pembantaian oleh seorang supremasi kulit putih di dua masjid di Christchurch yang menewaskan 51 orang dan melukai puluhan lainnya.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
اِذْ جَعَلَ الَّذِيْنَ كَفَرُوْا فِيْ قُلُوْبِهِمُ الْحَمِيَّةَ حَمِيَّةَ الْجَاهِلِيَّةِ فَاَنْزَلَ اللّٰهُ سَكِيْنَتَهٗ عَلٰى رَسُوْلِهٖ وَعَلَى الْمُؤْمِنِيْنَ وَاَلْزَمَهُمْ كَلِمَةَ التَّقْوٰى وَكَانُوْٓا اَحَقَّ بِهَا وَاَهْلَهَا ۗوَكَانَ اللّٰهُ بِكُلِّ شَيْءٍ عَلِيْمًا ࣖ
Ketika orang-orang yang kafir menanamkan kesombongan dalam hati mereka (yaitu) kesombongan jahiliah, lalu Allah menurunkan ketenangan kepada Rasul-Nya, dan kepada orang-orang mukmin; dan (Allah) mewajibkan kepada mereka tetap taat menjalankan kalimat takwa dan mereka lebih berhak dengan itu dan patut memilikinya. Dan Allah Maha Mengetahui segala sesuatu.

(QS. Al-Fath ayat 26)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement